Kekuatan Mulai Melemah, Amerika Serikat Akan Kalah Jika Perang Lawan Rusia dan China

Laporan tersebut dikeluarkan Komisi Strategi Pertahanan Nasional yang dibentuk Kongres AS untuk memberi pandangan secara netral

Kekuatan Mulai Melemah, Amerika Serikat Akan Kalah Jika Perang Lawan Rusia dan China
tangkaplayarwebsputniknews
Tentara Amerika Serikat 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON DC - Sebuah laporan menyatakan militer Amerika Serikat ( AS) berisiko menderita kekalahan jika berkonflik dengan Rusia maupun China.

Laporan tersebut dikeluarkan Komisi Strategi Pertahanan Nasional yang dibentuk Kongres AS untuk memberi pandangan secara netral.

Dilaporkan BBC Kamis (15/11/2018), komisi itu diketuai Eric Edelman. mantan pejabat Pentagon di era Presiden George W Bush.

Baca: HS Berstatus Tersangka Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi. Habisi Nyawa Saudaranya Pakai Linggis

Baca: AFF SUZUKI CUP 2018 - Jadwal Grup A & B, Hari Ini Vietnam vs Malaysia, Besok Thailand vs Indonesia

Baca: Baiq Nuril Terancam Penjara Setelah Bebas, Ini Alasan Mahkamah Agung Menangkan Pengajuan Kasasi

Baca: Liga 1 - Sore Ini PSM Makassar vs Persija Jakarta, Live Indosiar: Habis-habisan Demi Peluang Juara

Dalam laporan tersebut, kekuatan militer AS yang dominan dalam beberapa generasi terakhir mulai tergerus dan harus dicarikan solusinya.

"Keunggulan militer Amerika telah terkikis dalam tingkat yang sangat berbahaya. Tantangan yang harus ditangani jika tidak ingin keamanan nasional jadi taruhannya," demikian bunyi laporan itu.

Peringatan kepada pemerintahan Presiden Donald Trump itu muncul setelah anggaran pertahanan terancam dipangkas pada tahun fiskal 2018 dan 2019.

Terjunnya AS ke konflik Timur Tengah seperti Irak dan Afghanistan memberikan imbas negatif karena pasukan hampir tak menemui tantangan berarti.

Selain mereka tak menerima ancaman dari udara, militer AS di sana juga tidak mendapat permasalahan di bidang komunikasi seperti penggunaan GPS.

Di sisi lain, China dan Rusia telah mempelajari militer AS dan melakukan peremajaaan terhadap angkatan bersenjata mereka.

Halaman
12
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved