Distribusi Logistik Pemilu 2019 Sampai di Batam. Sayang, Gudang KPU Tak Layak

Pendistribusian logistik pemilu 2019 telah mengalir sampai Batam. Tahap pertama datang sebanyak 14.342 unit kotak suara dan 6.152 bilik suara

Distribusi Logistik Pemilu 2019 Sampai di Batam. Sayang, Gudang KPU Tak Layak
tribun/ianpertanian
Pendistribusian perlengkapan Pemilu di Kelurahan Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung, Selasa (8/12/2015) 

TRIBUNBATAM.id,BATAM - Pendistribusian logistik pemilu 2019 telah mengalir sampai Batam. Sebanyak 14.342 unit kotak suara dan 6.152 bilik suara yang dikirim dari KPU Pusat sudah tiba di Batam.

Logistik pemilu 2019 itu dikirim melalui Pelabuhan Batuampar Batam. Selanjutnya akan dibongkar untuk diamankan di gudang penyimpanan sementara di Batam.

"Logistik bilik suara dan kotak suara yang di kirim dari Pusat , Jumat (16/11) kemarin sudah tiba di Batam melalui Pelabuhan Batuampar," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Batam, Zaki Setiawan, Minggu (18/11).

Baca: Pemilih Batam Naik 46.811 Orang, KPU Batam Tetapkan DPTHP-2

Baca: KPU Batam Hanya Terima Laporan 75 Akun Medsos dari 14 Partai. Dua Partai Ini Tak Lapor

Menurut Zaki, logistik pemilu berupa 14.342 unit kotak suara dan 6.152 unit bilik suara itu memang belum diangkut ke KPU.

"Logistik bilik suara dan kotak suara ini tiba di Pelabuhan Batuampar, saat ini masih berada di Pelabuhan Batuampar, belum dibongkar,"terang Zaki.

Zaki juga menyebutkan, logistik kotak suara dan bilik suara tersebut, nantinya akan disimpan di Gudang Persero, bekas gudang yang digunakan oleh Pelni. Sebab gudang yang ada di Kantor KPU dinilai tidak layak lagi.

Hal itu baik dipandang dari segi efektivitas pendistribusian, maupun soal keamanan. Misalnya rentannya terjuadi kerusakan.

"Nanti logistik tersebut kita akan simpan di gudang Persero bekas Pelni, sebab gudang yang berada di Kantor KPU sudah tidak layak pakai,"ungkapnya.

"Untuk logistik yang akan datang selanjutnya yakni pada tahap kedua, adalah perlengkapan TPS. Sedangkan tahap berikutnya brupa surat suara, segel, tinta, sampul, formulir serta alat tulis kantor (ATK),"terang Zaki.

Dia juga menambahkan, ada lima jenis logistik surat suara pemilu, yakni surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Pemilihan Anggota DPR Provinsi, Pemilihan Anggota DPR Kabupaten/Kota, dan Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Halaman
12
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Purwoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved