BATAM TERKINI

BP Batam Ajak Swasta Perbaiki Gedung Beringin di Sekupang Taksiran Biaya Sekitar Rp 7 Miliar

Badan Pengusahaan (BP) Batam menawarkan kerjasama dengan pihak swasta, untuk perbaikan dan pengelolaan Gedung Beringin.

BP Batam Ajak Swasta Perbaiki Gedung Beringin di Sekupang Taksiran Biaya Sekitar Rp 7 Miliar
Tribun Batam/ Istimewa
gedung beringin di Sekupang

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Badan Pengusahaan (BP) Batam menawarkan kerjasama dengan pihak swasta, untuk perbaikan dan pengelolaan Gedung Beringin. Dengan harapan gedung tersebut bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Gedung yang terletak di kawasan Sekupang ini, memang telah lama tak dimanfaatkan, beberapa tahun terakhir. Kondisi fisiknya pun kian lama, kian tak terurus.

Padahal, bangunan yang dibangun Otorita Batam (nama sebelum BP Batam) tahun 1986 itu, pernah menjadi ikon kebanggaan masyarakat Batam. Di era kejayaannya, berbagai event baik pemerintahan maupun lainnya, digelar di tempat ini. Penyanyi sekelas Iwan Fals, Bimbopun, pernah manggung di Gedung Beringin.

"Gedung beringin akan kita tawarkan pengelolaan pemanfaatan asetnya dengan pihak lain. Siapa yang tertarik bekerjasama dengan BP," kata Direktur Pemanfaatan Aset BP Batam, Dendi Gustinandar, Rabu (21/11/2018) di ruang kerjanya.

Baca: MENGENASKAN! Gedung Beringin di Sekupang yang Pernah Jaya Kondisinya Kini Nyaris Roboh

Baca: BP Batam Akan Fungsikan Gedung Beringin untuk Gedung Seni dan Budaya

Baca: RS Mulia Bogor Diterjang Badai, Kaca Pecah dan Tower Ambruk. Adakah Korban?

Rencananya, penawaran kerjasama tersebut akan dilakukan pada 2019 mendatang. Namun sengaja diumumkan lebih cepat, agar informasinya bisa disebar kepada masyarakat luas.

"Siapa tahu bisa dipercepat (kerjasamanya). Gedung itu akan diperbaiki yang rusak, dan akan dimanfaatkan kembali bangunannya," ujarnya.

Diakui Dendi, rencana pemanfaatan kembali bangunan Gedung Beringin ini memang terkesan lama. Itu melihat lagi prioritas program di BP Batam.

"Kita tawarkan ke pihak lain, bukan berarti BP tidak ada anggaran. Tapi mungkin kalau swasta yang mengelola, hasilnya lebih bagus," kata Dendi.

Saat ini ada beberapa usulan yang masuk ke BP Batam untuk pemanfaatan Gedung Beringin ke depannya. Ada yang menginginkan digunakan untuk futsal, perkantoran, lapangan voli, aula pertemuan dan lainnya.

"Banyak ide yang kami tampung. Ini jadi bahan untuk melangkah ke depannya," ujarnya.

Untuk perbaikan Gedung Beringin, Dendi melanjutkan pihaknya sudah menyusun desain fisik dan melakukan perhitungan biaya yang diperlukan. Taksiran biaya perbaikannya Rp 6,9 miliar atau hampir Rp 7 miliar. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved