CPNS 2018

Delapan Instansi Pemerintah Umumkan SKD CPNS 2018. Untuk Batam Bisa Akses bkpsdm.batam.go.id

Untuk Batam, informasi ini memang belum muncul di website bkpsdm.batam.go.id. Di halaman pertama pengumuman, hanya memuat informasi terkait persyarata

Delapan Instansi Pemerintah Umumkan SKD CPNS 2018. Untuk Batam Bisa Akses bkpsdm.batam.go.id
TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Pengarahan sebelum ujian CAT CPNS di Batam, Jumat (26/10/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Delapan instansi pemerintah telah mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di laman website masing-masing. Semua orang bisa melihat capaian hasil tes peserta dengan mengakses website tersebut.

Untuk Batam, informasi ini memang belum muncul di website bkpsdm.batam.go.id. Di halaman pertama pengumuman, hanya memuat informasi terkait persyaratan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pelaksanaan tes SKB sendiri rencananya akan dilaksanakan pada 22-28 November.

Lepas dari itu, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) hingga saat ini belum memutuskan solusi yang akan diambil untuk menutup formasi CPNS yang kosong. Lantaran banyaknya peserta yang tidak lolos passing grade.

Meski di satu sisi, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan, alternatif solusi yang diambil adalah melakukan sistem ranking. Namun itu belum menjadi keputusan akhir.

Kepala Kantor Regional BKN Sumbar, Riau, Kepri, Andrayanti mengatakan, saat ini mereka masih menunggu terbitnya Permenpan (Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) baru.

Baca: Penerapan Ranking Penerimaaan CPNS, Badan Kepegawaian Negara Tunggu Peraturan Menpan RB

Baca: Link Pengumunan SKD CPNS Jateng, Jatim, Tegal, dan Daerah Lain. Lolos Passing Grade

Baca: CPNS 2018 - Tak Lulus Tes SKD? Berharaplah Lulus dengan Sistem Ranking CPNS 2018. Ini Syaratnya

Permenpan inilah yang nantinya menjadi pijakan untuk memenuhi kuota yang kosong, pasca banyak peserta CPNS yang tak lolos passing grade.

"Permenpan ini rencananya akan ditetapkan dalam minggu ini," kata Andrayanti kepada TRIBUNBATAM.id, Selasa (20/11/2018).

Ia belum bisa berkomentar banyak, jika pada akhirnya nanti sistem rangking jugalah yang akan diterapkan. Potensi kecurangan tetap diwanti-wanti agar tidak terjadi selama pelaksanaan tes CPNS berlangsung. Apalagi banyak peserta yang tidak lolos passing grade. Sementara kuota CPNS yang dibutuhkan belum terpenuhi.

"Untuk teknis memenuhi kuotanya seperti apa, kami masih menunggu dari pusat," ujarnya.

Lebih lanjut, soal hasil SKD CPNS untuk Batam kemarin, pihaknya telah mengumumkan pencapaian nilai dari masing-masing peserta setelah ujian selesai. Nilai yang ditampilkan tidak berdasarkan sistem rangking.

"Kami tidak mengurutkan hasil tes dari nilai tertinggi sampai nilai terendah (ranking), tapi berdasarkan nomor urut peserta yang ikut saja. Hasilnya bisa dilihat dari soft copy yang kami tempelkan setiap selesai ujian," ujarnya. "Yang jelas yang memenuhi passing grade langsung lolos," sambung Andrayanti lagi.

Masing-masing peserta tespun lanjutnya, sudah mengetahui nilai mereka, bahkan mencatat nilai dari tiga kategori soal yang diujikan.

"Sehingga secara transparan hasilnya sudah dapat diketahui seperti apa," kata Andrayanti.(wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved