Cara Bikin Profil LinkedIn Kamu Jadi Incaran Perekrut Kerja, Ikuti 5 Tips Ini

Di zaman now, nggak hanya membuat CV saja yang bisa memperbesar peluangmu untuk diterima dalam sebuah perusahaan.

Cara Bikin Profil LinkedIn Kamu Jadi Incaran Perekrut Kerja, Ikuti 5 Tips Ini
iStockphoto
Tips Bikin profil yang menarik untuk mendapatkan kerja 

TRIBUNBATAM.id – Di zaman now, nggak hanya membuat CV saja yang bisa memperbesar peluangmu untuk diterima dalam sebuah perusahaan.

Salah satu hal yang kini sudah umum dilakukan oleh HRD (Human Resource Department) dari sebuah perusahaan adalah mengecek profil LinkedIn kamu.

Bukan hanya HRD, melainkan juga para job hunters maupun head hunters yang akan mencari kandidat dari pengguna LinkedIn.

Jadi kalau profil LinkedIn kamu tidak menarik, maka kesempatanmu juga akan semakin kecil.

Di bawah ini adalah beberapa saran untuk membuat profil LinkedIn lebih menonjol dan dapat memikat perekrut dengan lebih baik: 

1. Bangun profil kamu dengan rasa bangga. Profil yang lengkap dan yang menampilkan kelebihan kamu secara jelas sangat memudahkan perekrut dalam pencarian mereka.

Foto profil yang tepat dapat meningkatkan kesempatan kunjungan profil kamu hingga 21x lipat. Dalam hal tulisan, ceritakanlah apa yang bisa dan pernah dilakukan, untuk membuktikan bahwa kamu adalah seorang ‘Specialist’ (misalnya).

2. Tunjukkan karaktermu. Pemilihan kata sangat penting karena itu menunjukkan siapa kita. Meskipun menggunakan kata-kata yang profesional, lugas, dan langsung tepat sasaran ketika sedang menceritakan prestasi sangat disarankan, namun jangan ragu untuk menambahkan kata atau kalimat yang dapat menunjukkan karakter unik kamu.

3. Ingat, tidak hanya kata-kata saja yang bisa berbicara. Tunjukanlah gambar, presentasi, hingga video hasil karya yang kamu banggakan, untuk benar-benar menunjukkan bahwa kamu itu ‘Creative’.

Di dunia berlimpah tenaga kerja ini, kamu hanya memiliki waktu  5 hingga 10 detik untuk membuat orang lain tertarik dengan profil kamu.

.
. ()

4. Jadilah orang yang aktif. Keaktifan kamu dalam membangun jaringan yang bermakna menjadi kunci keberhasilan. Ikuti/follow organisasi yang menginspirasi atau kamu idam-idamkan, buatlah koneksi baru, bergabunglah dengan komunitas grup, dan berpartisipasilah ke dalam berbagai diskusi di LinkedIn.

Dengan menjadi aktif, perekrut akan tahu bahwa kamu adalah ahli di bidangnya.

5. Jangan takut untuk menyuarakan opini kamu.Tulis post ataupun blog jika kamu memiliki pandangan khusus tentang suatu topik dan ingin menunjukkan keahlian di suatu bidang tertentu.

Tulisan kamu merefleksikan kemampuan dan pemahaman pada suatu bidang/topik, dan memudahkan orang lain untuk melihat hal tersebut.

Jadi, selamat mencoba dan semoga sukses! (*)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved