PEMILU 2019

Diduga Money Politik Melalui Pembagian Sembako, Bawaslu Tanjungpinang Akui Bukti Formil Terpenuhi

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini selaku tim Gakumdu Pemilu mengakui tidak menutup kemungkinan akan menetapkan tersangka terhadap salah

Diduga Money Politik Melalui Pembagian Sembako, Bawaslu Tanjungpinang Akui Bukti Formil Terpenuhi
TRIBUNBATAM.id/WAHIB WAFA
Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini 

Diduga Lakukan Money Politik Melalui Pembagian Sembako, Bawaslu Tanjungpinang Akui Bukti Formil Terpenuhi

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Setelah beberapa minggu lalu salah satu caleg DPRD Kota Tanjungpinang membagikan sembako ke sejumlah warga Dompak. Setidaknya informasi yang didapat Bawaslu ada 30 paket sembako yang dibagikan kepada warga Dompak.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhammad Zaini selaku tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu ) Pemilu, mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan akan menetapkan tersangka terhadap salah satu caleg atas tuduhan dugaan money politik dengan bentuk materi lainnya, dalam hal ini memberi sembako.

Baca: Bawaslu Batam Larang Caleg Pasang Alat Peraga Kampanye Lengkap di Mobil Umum

"Insy Allah besok secara resmi. Sejauh ini masih dalam kajian dengan Sentra Gakumdu," kata Muhammad Zaini Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Senin (26/11/2018).

Ia menyebutkan masih ada tahap berikutnya untuk menetapkan seorang menjadi tersangka pelanggaran pidana pemilu. Pihaknya pun masih melakukan proses pembahasan dalam waktu dekat dengan sentra Gakumdu.

Baca: Ada laporan Dugaan Money Politic, Bawaslu Tanjungpinang Lakukan Penelusuran

Sedangkan untuk hasil penyelidikan yang dilakukan Bawaslu, pihaknya telah melakukan investigasi dilapangkan selam 7 hari kerja. Tujuannya untuk mengumpulkan keterangan dan informasi dilapangan adanya dugaan money politik.

"Kami sudah investigasi lapangan selama 7 hari kerja sesuai amanat Perbawaslu Nomor 7 2018. Hasil rapat pleno komisioner, terpenuhi unsur formil materil," ungkapnya.

Baca: Cegah Money Politic, Bawaslu Tanjungpinang Gandeng Organisasi Mahasiswa Jadi Pemantau Pemilu 2019

Dua alat bukti menurutnya telah terpenuhi baik formil dan materil. Namun langkah selanjutnya pihaknya masih melakukan agenda tahapan klarifikasi. Baik para caleg yang terlibat maupun penerima sembako.

Namun sayangnya ia masih menolak menyebutkan nama caleg dan dari partai apa yang terlibat dugaan money Politik ini. (wfa)

Penulis: Wahib Wafa
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved