BATAM TERKINI

HARI AIDS SEDUNIA - Selama 6 Bulan, Sudah 6.141 Warga Batam Terinfeksi Virus HIV. Ini Pesan Kadinkes

Didi Kusmarjadi berpesan dan mengajak masyarakat Batam agar setia pada pasangan untuk mencegah penyebaran penyakit AIDS di Kota Batam

HARI AIDS SEDUNIA - Selama 6 Bulan, Sudah 6.141 Warga Batam Terinfeksi Virus HIV. Ini Pesan Kadinkes
apa.org
ilustrasi.kampanye peduli HIV/AIDS 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi berpesan dan mengajak masyarakat Batam agar setia pada pasangan untuk mencegah penyebaran penyakit AIDS di Kota Batam.

Hal ini disampaikan Didi Kusmarjadi dalam rangka memperingati hari Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

"Di hari AIDS yang jatuh pada hari ini, saya selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam berpesan dan mengajak masyarakat agar setia kepada pasangan untuk mengantisipasi penyakit AIDS di Kota Batam,"ujarnya.

"Karena hari AIDS sedunia ini diperingati untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap wabah Aids di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus Human Immunodeficiency Virus(HIV).Jadi dengan setia kepada pasangan setidaknya wabah Aids bisa diantisipasi sebelum terjangkit,"terang Didi Kepada Tribun, Sabtu (01/12/2018).

Baca: GOWES POLDA KEPRI - Diguyur Hujan Lebat, Para Peserta Tetap Semangat dan Antusias

Baca: Polisi Amankan 30 Motor Curian, Warga yang Kehilangan Motor Diminta Mengecek ke Mapolsek Sekupang

Baca: Dituduh Bawa Narkoba, Musalmina Diborgol dan Dimasukkan Mobil Perampok yang Ngaku Petugas BNN

Sementara bagi warga yang berisiko HIV diharapkan untuk segera melakukan tes HIV.

"Namun jika sudah positif terjangkit diharapkan agar rajin berobat untuk melakukan penanganan dari medis,"ungkapnya.

Didi juga mengungkapkan, bahwa sepanjang tahun 2018 mulai dari bulan Januari hingga Juni 2018 kemarin tercatat sebanyak 6.141 orang yang terjangkit HIV, sedangkan penderita AIDS ada sebanyak 2.380 orang.

"Nah dari penderita HIV/AIDS ini ada sebanyak 745 orang yang meninggal dunia sepanjang tahun 2018 ini,"ungkap Didi.

Didi juga mengungkapkan, meningkatnya data yang diperoleh Dinas Kesehatan bukan berarti buruk apabila dilihat dari program penanganan penderita HIV/AIDS di Batam.

"Karena kalau dinilai dari program, meningkatnya jumlah penderita merupakan keberhasilan kami dalam melacak penderita untuk menangani penderita HIV/AIDS di Batam. Apalagi penderita masih terjangkit HIV, jadi bisa segera di obati agar tidak AIDS,"ungakapnya.

Masih Didi, namun ditengah meningkatnya jumlah penderita dari data yang tercatat, Didi juga mengaku, kawatir dan berharap kasus HIV/AIDS bisa lebih maksimal ditangani di Kota Batam.

"Jadi agar kita lebih maksimal menangani kasus HIV/AIDS di Batam, tahun depan kita akan ajukan Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Batam.Mudah-mudahan bisa mengurangi jumlah penderita wabah HIV tersebut di Kota Batam,"jelasnya. (als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved