TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI - WASPADALAH! Ini 5 Bahaya Kebiasaan Menggunakan Tusuk Gigi Setelah Makan

Menggunakan tusuk gigi ternyata bisa membahayakan kesehatan gigi lho! Simak 5 bahaya kebiasaan menggunakan tusuk gigi berikut ini.

TRIBUNWIKI - WASPADALAH! Ini 5 Bahaya Kebiasaan Menggunakan Tusuk Gigi Setelah Makan
Livonia Dental Group
Ilustrasi tusuk gigi 

SALAH satu kebiasaan yang banyak diakukan orang setelah makan adalah mengorek sisa-sisa makanan nyempil di gigi dengan tusuk gigi.

Tapi awas. Bukannya membuat gigi jadi bersih, kebiasaan pakai tusuk gigi setelah makan justru tidak baik buat kesehatan, loh!

Simak bahaya tusuk gigi untuk kesehatan gigi berikut ini.

Berikut penjelasan oleh drg. Toni Masruri, SpPM Spesialis penyakit mulut, di RS Awal Bros Batam.

1. Menyebabkan gusi berdarah

Ketika Anda terus membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi untuk menghilangkan bagian makanan yang tertinggal, hal itu akan menyebabkan perdarahan pada area gusi. Pasalnya ujung tusuk gigi yang tajam bisa menimbulkan luka di gusi yang merupakan jaringan lunak di dalam mulut yang tentunya sangat rawan, Bahkan, jika kebiasaan ini sering Anda lakukan maka lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada seluruh bagian gigi.

2. Infeksi gusi

Jika digunakan hanya sesekali dan dalam keadaan yang benar-benar darurat, tusuk gigi boleh saja digunakan dan mungkin masih aman. Namun jika Anda menggunakannya hampir disetiap selesai makan, tidak hanya merusak gigi, namun juga gusi. Nah, apabila tidak segera di obati dan ditangani dengan baik, maka dapat menyebabkan penyakit gusi yang parah. Di antaranya, radang gusi (gingivitis) dan periodontis (yang terjadi saat gingivitis dibiarkan dan sudah semakin parah).

3. Ruang antar gigi

Bahaya yang ini sangat mungkin terjadi jika Anda sering membersihkan makanan yang menyelip di sela-sela gigi yang sama. Lambat laun kondisi ini akan menciptakan ruang yang lebih besar dan lebar antara satu gigi dengan gigi sebelah. Nah, inilah yang justru akan lebih memperburuk kondisi. Pasalnya ada kemungkinan makanan yang lebih besar bisa sering menyangkut di sana karena kerapatan gigi Anda sudah berkurang.

Halaman
123
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved