BATAM TERKINI

Rencana Penerapan e-Parking, Dishub Kota Batam Siapkan Pelatihan Jukir

"Yang akan kita latih pertama yaitu 100 jukir. Nantinya mereka inilah yang akan bertugas sebagai operator parkir di wilyah e-parking," ujar Alex, Juma

Rencana Penerapan e-Parking, Dishub Kota Batam Siapkan Pelatihan Jukir
TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO
Sorang juru parkir tengah mengatur kendaraan di Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Demi kelancaran program e-parking Kota Batam, minggu depan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam akan melangsungkan pelatihan kepada para Juru Parkir (jukir). Hal ini diungkapkan oleh Kepala UPT Parkir Dishub Kota Batam, Alexander Banik.

"Yang akan kita latih pertama yaitu 100 jukir. Nantinya mereka inilah yang akan bertugas sebagai operator parkir di wilyah e-parking," ujar Alex, Jumat (7/12/2018).

Baca: Pembongkaran Kios di Karimun Nyaris Ricuh, Dua Pihak Saling Ngotot Pertahankan Batas Lahan

Baca: Ustadz Abdul Somad Bicara Reuni 212, Link Siaran Kabar Utama Tv One Jam 21:00

Baca: Pemko Batam Lelang Dua Posisi Kepala Dinas, Aunar Karimsu Masuk Masa Pensiun

Diakuinya untuk instruktur pelatihan ini nantinya dibawakan oleh beberapa konsultan e-parking yang paham dengan sistem pengoperasian e-parking serta dari pihak Telkomsel untuk t-cash nya. Selesai pelatihan ke seratus jukir e-parking, selanjutnya pertengahan Desember ini akan mengujicobakan sistem e-parking di beberapa titik di Batamkota dan Nagoya.

Alex melanjutkan sistem e-parking sendiri rencananya akan diterapkan pada awal 2019 mendatang. Penerapan awal uji cobanya, akan ditempatkan di 100 titik parkir yang berada di kawasan Batam Kota dan Nagoya.

Lebih diprioritaskan kepada kawasan ruko perniagaan serta komplek perkantoran.

Sementara itu jelang ujicoba penerapan e-parking di Batam, Dishub Kota Batam yang bekerjasama dengan operator seluler nasional, Telkomsel sudah mempersiapkan segala perangkat pendukungnya seperti ponsel pintar atau android khusus untuk seratus jukir e-parking serta aplikasi e-parking nya.

"Perangkat pendukung penerapan e-parking kelar. Begitu juga dengan aplikasi e-parking untuk masyarakat pengguna jasa parkir juga bisa diunduh di playstore atau appstore," papar Alex. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved