Kerawanan Pemilu 2019 di Anambas Masuk Kategori Sedang, Begini Penjelasan Bawaslu

‎Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019 di Anambas masuk dalam kategori sedang.

Kerawanan Pemilu 2019 di Anambas Masuk Kategori Sedang, Begini Penjelasan Bawaslu
Logo Pemilu 2019 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Anambas di 2019 masuk dalam kategori sedang.

Dalam skoring yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Kepri, terdapat beberapa indikator yang menjadi penilaian, seperti dimensi konteks sosial politik, dimensi penyelenggaraan pemilu yang bebas serta adil, dimensi kontestasi, serta dimensi partisipasi.

Dari empat indikator yang menjadi penilaian ini, Anambas memperoleh skor 50,01 atau menempati peringkat keempat dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Yang cukup menarik bila dilihat dari indikator kontestasi. Dalam indikator itu, skor Anambas untuk representasi minoritas mencapai 100.00 atau masuk dalam kategori tinggi, kemudian dengan hak politik terkait gender yang memperoleh skor 50.00 serta proses pencalonan dengan skor 43.48.

Indeks Kerawanan Pemilu yang dikeluarkan oleh Bawaslu Provinsi Kepri ini pun, dibenarkan oleh Liber Simaremare Komisioner Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar lembaga ini ‎pernah mempertanyakan kepada Bawaslu Provinsi Kepri, termasuk dengan pemberian skor 100.00 itu.

Dari koordinasi yang dilakukan antara Bawaslu Kabupaten dengan Provinsi kemudian diketahui kalau penilaian itu diberikan untuk keterwakilan kaum minoritas dalam pencalonan anggota DPRD.

"Kaum minoritas yang dimaksud di sini untuk rekan-rekan penyandang disabilitas," ujarnya Minggu (9/12/2018).

Ia pun menilai Indeks Kerawanan Pemilu yang diterbitkan ini sebagai cerminan dan bahan evaluasi termasuk sebagai bahan acuan kedepannya.

Dalam melakukan pengawasan, pihaknya memiliki strategi baik itu pencegahan hulu hilir, dan partiipatif hulu hilir selain penindakan yang memang merupakan kewenangan Bawaslu.

Baca berita terkait di Tribun Batam edisi Senin 9 Desember 2018

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved