KPU Batam Kembali Lakukan Penghapusan Data Ganda Pada DPTHP-2

KPU Kota Batam kembali melakukan penghapusan data ganda pada daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-2) yang masih di tetapkan di tingkat Kota Ba

KPU Batam Kembali Lakukan Penghapusan Data Ganda Pada DPTHP-2
Tribunbatam.id/Alfandi
Sudarmadi, Komisioner KPU Batam, Divisi Program dan Data 

TRIBUNBATAM.id,BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam kembali melakukan penghapusan data ganda pada daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-2) yang masih di tetapkan di tingkat Kota Batam.

Penghapusan data ganda tersebut dari hasil temuan baru KPU Batam bahwa masih ada sebanyak 59.000 ribu data ganda yang ditemukan.

Baik itu terdapat pada Nik KTP yang sama dan data yang lainnya.

Selanjutnya, penghapusan 1.607 data ganda luar Negeri dari KPU RI yang tersebar di 12 kecamatan di Batam.

Dimana data ganda luar Negeri ini merupakan data Penduduk Batam yang keluar negeri terdata di Batam dan di luar negeri seperti Singapura dan Malaysia dan di negara lainya.

"Sehingga perlu dilakukan penghapusan data di Batam apabila penduduk Batam tersebut sudah di luar negeri begitu juga sebaliknya," terang Komisioner KPU Batam, Divisi Program dan Data Sudarmadi,Minggu (09/12/2018).

Sudarmadi memberitahu, penghapusan data ganda tersebut dilakukan KPU Batam karena data DPTHP-2 masih ditetapkan di kota Batam dan belum di tetapkan secara Nasional.

Sebab pada pleno tanggal 15 November 2018 di Jakarta kemarin ada enam Provinsi belum selesai pada penetapan DPTHP-2.

"Artinya diberikan waktu oleh KPU RI selama 30 hari,mulai dari tanggal 16 November sampai 15 Desember di tingkat Nasional untuk memperbaiki data DPTHP-2 pada pemilih 2019 nanti.Sedangkan di Kota Batam diberi waktu tanggal 10 Desember dan akan dilakukan pleno pada hari itu juga untuk penetapan DPTHP-2,"jelasnya.

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved