Hindari Olahraga saat Badan Sedang Lelah, Ini Akibat Fatalnya!

Memaksakan olahraga saat badan sedang lelah ternyata bisa memberikan dampak yang fatal terhadap tubuh. Yakni bisa membahayakan kesehatan jantung.

Hindari Olahraga saat Badan Sedang Lelah, Ini Akibat Fatalnya!
shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id - Olahraga diyakini akan membuat badan sehat jika dilakukan dengan benar. Sebaliknya, meski menyehatkan tapi jika dilakukan dengan tidak sesuai yang seharusnya olahraga justru bisa memberikan dampak buruk.

Kondisi tubuh yang tidak bugar misalnya. Pada kondisi ini, orang tak disarankan untuk memaksakan diri untuk berolahraga.

Sebab, alih-alih mendapatkan manfaat kesehatan, olahraga ketika kondisi tubuh sedang tidak prima justru bisa memberi sejumlah dampak buruk.

 "Pastikan kondisi tubuh fit. Kalau malam kurang tidur, jangan memaksa paginya olahraga."

Begitu kata instruktur zumba dan owner Sana Studio Laila Munaf ketika ditemui di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018) kemarin.

Baca: Beginilah Cara Memulai Olahraga untuk Orang Gemuk

Baca: Ingin Selalu Bugar? Simak 4 Tips Penting Hilangkan Rasa Malas Berolahraga

Baca: WAJIB TAHU! Hindari 8 Makanan Ini Sebelum Olahraga

"Sama juga ketika seharian aktivitas padat, capek banget, jangan paksakan malamnya olahraga yang terlalu berat."

Laila menambahkan, ketika tubuh dalam kondisi sangat kelelahan, gerakan yang sangat sederhana sekalipun bisa menaikkan detak jantung menjadi sangat tinggi.

Apalagi, jika orang tersebut sudah bangun sejak subuh dan beraktivitas penuh.

Selain berakibat pada detak jantung, memaksakan olahraga ketika tubuh sedang dalam kondisi tidak bugar bisa meningkatkan risiko cedera.

"Kalau badan tidak fit, otot yang biasanya kuat bisa jadi enggak kuat lalu keseleo-lah, punggung tidak enak, pingsan juga bisa, kurang oksigen ke kepala, jantung mendadak berhenti juga mungkin," tutur dia.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved