Partai UMNO Mulai Lumpuh, Politisi Ramai-ramai Hengkang, Pindah ke Barisan Mahathir

Aksi hengkang besar-besaran terjadi di UMNO Sabah, hampir seluruh fungsionaris partai menyatakan keluar dari UMNO, termasuk 13 wakil rakyatnya

Partai UMNO Mulai Lumpuh, Politisi Ramai-ramai Hengkang, Pindah ke Barisan Mahathir
Free Malaysia Today
Para pengurus UMNO Sabah mengumumkan keluar dari partai 

TRIBUNBATAM.id, KOTA KINABALU - Kekalahan koalisi petahana Barisan Nasional di Pemilu Malaysia, Mei 2018 lalu, membuat partai terbesar di Malaysia, UMNO mulai lumpuh.

Sejumlah politisinya, bahkan yang terpilih dalam Pemilu, menyatakan ramai-ramai hengkang dari partai tersebut dan menyeberang ke partai yang didirikan Mahathir Mohammad, Partai Pribumi Melayu Bersatu.

Aksi hengkang secara besar-besaran terjadi di UMNO Sabah karena hampir seluruh fungsionaris partai menyatakan keluar dari partai, termasuk 13 wakil rakyat yang terpilih pada Pemilu ke-14, Mei lalu.

Aksi bedol partai ini sebenarnya sudah terjadi di beberapa wilayah, namun UMNO Sabah benar-benar lumpuh karena hampir seluruh pengurus partainya mundur, termasuk ketuanya, Datuk Hajiji Mohd Noor.

Dilansir TribunBatam.id dari berita harian Malaysia, mereka yang mundur terdiri dari 21 pejabat partai, 13 anggota parlemen yang terdiri dari sembilan Ahli Dewan Undangan Negeri (ADUN) wio,layah negara bahagian Sabah, empat anggota parlemen dan dua senator.

Meskipun belum ada keterangan resmi mereka akan pindah ke Bersatu, namun para pengurus UMNO Sabah ini bertemu dengan Mahathir sebelum mengumumkan pengunduran diri, Kamis (13/12/2018).

Hajiji mengatakan, keputusan meninggalkan UMNO itu dibuat secara bulat oleh seluruh pengurus.

“Malangnya, UMNO kini menjadi seperti masa dulu. Kepimpinan yang ada tidak mempunyai tujuan politik yang jelas," katanya dalam jumpa pers di sebuah hotel di Kota Kinabalu, Sabah.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad yang berhasil menggulingkan rezin Najib Razak pada Pemilu lalu mengakui bahwa dirinya bertemu dengan sejumlah pengurus UMNO Sabah, pekan lalu.

Pertemuan itu karena mereka menyatakan hasrat untuk meninggalkan UMNO.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved