Disdukcapil Bintan Musnahkan 6.852 KTP Elektronik Invalid dengan Cara Dibakar

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan melakukan pemusnahan ribuan keping KTP Elektronik

Disdukcapil Bintan Musnahkan 6.852 KTP Elektronik Invalid dengan Cara Dibakar
TRIBUNBATAM.id/Amin
Pemusnahan ribuan keping KTP Elektronik Invalid di kantor Disdukcapil Bintan 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bintan melakukan pemusnahan ribuan keping KTP Elektronik.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di halaman kantor Disdukcapil Bintan yang berlokasi di Tanjungpinang.

"Ya, ada 6.852 KTP yang dibakar, dibakar dengan cara dibakar dan disaksikan beramai ramai,"kata Ismail, Asisten Pemenrintahan Setkab Bintan yang memimpin proses pemusnahan. 

Selain dihadiri asisten Setkab, pemusnahan juga disaksikan Kepalla Kesbangpol Bintan, Karya Hermawa, Ketua KPU Bintan Ervina Sari, ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata, perwakilan Polres Bintan dan Kejari Bintan.

Sekretaris Disdukcapil Bintan Irianto menyebutkan, dari jumlah 6.852 KTP yang dimusnahkan, terdiri dari KTP yang rusak fisik dan  rusak data. KTP tersebut dibuat dari periode 2015 - 2018.

Pemusnahan dilakukan berdasarkan instruksi Mendagri melalui Sekjen Kemendagri kepada Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Diperkuat dengan dikeluarkannya surat edaran nomor 470.13/11176/sj tentang penatausahaan KTP elektronik rusak atau invalid.

"Dalam surat edaran tersebut ditegaskan kepada Bupati/Walikota agar menugaskan kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota melakukan pemusnahan,"kata Irianto.

Beberapa poin ditegaskan dalam edaran itu, antara lain melakukan pencatatan dan pemusnahan KTP elektronik rusak atau invalid dalam proses pelayanan di wilayah kerja masing-masing.

Melakukan pengecekan tehadap KTP elektronik rusak atau invalid hasil pencetan massal tahun 2015-2018 yang ada di kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota.

Irianto mengatakan, jika masih ditemukan KTP elektronik rusak atau invalid, pihaknya akan melakukan pencatatan dan segera dimusnahkan dengan cara dibakar. (Min).

Penulis: Aminnudin
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved