BATAM TERKINI

Tiap Hari Jalan Simpang Dam hingga Simpang Panbil Macet Parah, Ternyata Ini Pemicunya

Kemacetan yang terjadi di jalan Ahmad Yani, tepatnya dari Simpang Dam sampai dengan Simpang Panbil setiap hari diduga dipicu oleh aktivitas ini.

Tiap Hari Jalan Simpang Dam hingga Simpang Panbil Macet Parah, Ternyata Ini Pemicunya
TRIBUNBATAM.id/IAN PERTANIAN
Kemacetan yang terjadi di jalan Ahmad Yani, tepatnya dari simpang Dam sampai dengan Simpang Panbil, dikarenakan buka tutup yang dilakukan oleh sekuriti kawasan ABB Panbil 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kemacetan yang terjadi di jalan Ahmad Yani, tepatnya dari Simpang Dam sampai dengan Simpang Panbil, dikarenakan buka tutup yang dilakukan oleh sekuriti kawasan ABB Panbil.

Sayangnya, sekuriti lebih mengutamakan kendaraan yang masuk ke kawasan ABB dibanding kendaraan yang datang dari Batuaji.

Pantauan Tribun di lapangan, Selasa (18/12/2018) sebanyak empat orang sekuriti kawasan yang mengatur lalu lintas di depan simpang ABB.

Para sekuriti tersebut terlihat melakukan penyetopan kendaraan yang datang dari arah Batuaji, dan memberikan kesempatan kepada kendaraan yang datang dari arah Batam Centre untuk masuk ke kawasan ABB.

Hal tersebut terjadi setiap hari, yang membuat arus kendaraan dari arah Batuaji mengalami kemacetan sampai beberapa kilometer, bahkan kemacetan sampai ke U-Turn Simpang Dam.

Baca: Dikabarkan Hilang di Hutan, Sampai Kini Yuli Belum Pulang. Basarnas Akan Lanjutkan Pencarian

Baca: HARI JADI KOTA BATAM - Kota Batam Genap Berusia 189 Tahun, Ini Harapan Amsakar Achmad

Baca: Kembali Diteror, Rumah Ruben Onsu Dilempar Batu Berisi Pesan Bernada Ancaman

Baca: Video Viral, Bule Cantik asal Rusia Ini Menikah dengan Darsono Pemuda Indonesia

U-Turn atau pemutaran yang ada di depan pintu kawasan ABB Panbil tersebut jaraknya hanya 50 meter dari lampu merah Simpang Panbil hal tersebut menambah parah kemacetan arus kendaraan yang datang dari arah Batuaji.

Di lapangan terlihat polisi hanya membantu pihak sekuriti yang sedang melakukan buka tutup arus lalu lintas di depan pintu kawasan simpang ABB.

Kemacetan tersebut sangat disesalkan pengendara di mana hanya untuk melewati jalan Ahmad Yani dari Simpang Dam sampai dengan Simpang Panbil pengendara harus menghabiskan waktu kurang lebih 20 menit yang seharusnya bisa ditempuh di bawah lima menit.

Hendri, salah satu pengendara mengatakan seharusnya pihak Dinas Perhubungan Kota Batam, menutup U-Turn yang ada di simpang ABB, agar kendaraan yang datang dari Batam Centre melakukan pemutaran di depan Kampung Aceh atau di Simpang Dam.

"Kalau kendaraan yang datang dari Batam Centre mutar di Kampung Aceh kemungkinan tidak akan macet," kata Hendri

Dia juga mengatakan jarak putaran dari lampu merah Simpang Panbil sangat dekat, menambah parah kemacetan.

"Okelah kalau kendaraan yang dari Batuaji ke Batam Centre bisa lurus, kalau yang ke Tanjungpiayu tetap harus menunggu lampu merah, jadi macetnya dua kali, di berhentikan sekuriti dan juga di berhentikan lampu merah," kata Hendri.

Yang parahnya mobil angkutan juga banyak yang menunggu sewa di lampu merah simpang Panbil."Kita berharap Diahub bisa menutup uturn di Simpang ABB," kata Hendri. (ian)

Penulis: Ian Pertanian
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved