LIGA INDONESIA

Isu Pengaturan Skor di Liga Indonesia, Kapolri Bentuk Satgas. Ini yang Akan Dilakukan Polisi

Satuan Tugas (Satgas) Polri untuk mengusut dugaan pengaturan skor sepak bola Indonesia akan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian

Isu Pengaturan Skor di Liga Indonesia, Kapolri Bentuk Satgas. Ini yang Akan Dilakukan Polisi
TRIBUNNEWS.COM
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan keterangan pers saat mendatangi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/6/2017). Kedatangan Kapolri untuk berkoordinasi terkait penyelidikan kasus penyiraman air keras kepada penyidik KPK, Novel Baswedan. 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Polri untuk mengusut dugaan pengaturan skor sepak bola Indonesia akan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menuturkan, dalam satgas itu nantinya akan dibentuk subsatgas untuk memudahkan pengusutan.

“Di dalam satgas (pengaturan skor) itu nantinya akan ada subsatgas melakukan investigasi atau melakukan penyelidikan di dalam setiap pertandingan akan bekerja sama dengan PSSI, PT Liga Indonesia, dan wistleblower terhadap suatu kasus,” kata Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018).

Baca: PSSI Tunjuk Indra Sjafri Sebagai Pelatih Timnas U22, Hadapi Piala AFF U22 dan SEA Games 2019

Baca: Simon McMenemy Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Inilah Profil dan Perjalanan Karir Kepelatihannya

Baca: BERITA PERSIB - Alasan Persib Bandung Belum Putuskan Nasib Pemain Kecuali Ardi, Igbonefo & Febri

Baca: LIGA 1 2019 - Gegara Inilah Muncul Wacana Larangan Striker Asing di Liga 1 2019. Ini Kata PT LIB

Dedi mengatakan, satgas mafia pengaturan skor akan diisi personel yang memiliki kualifikasi di bidangnya.

Dedi menuturkan, satgas juga bakal memiliki subsatgas penyidikan.

Subsatgas ini akan bertugas ketika dugaan pengaturan skor terkuak dan masuk para ranah pidana.

“Ketika suatu peristiwa itu sudah jelas suatu peristiwa pidana, maka ditingkatkan penyelidikan menjadi penyidikan ditake over sama subsatgas penyidikan,” kata Dedi.

“Satgas penyidikan akan menyidik, membuktikan siapa tersangka yang terkait langsung peristiwa pidana berupa pengaturan skor,” sambung Dedi.

Dedi mengatakan, pihaknya tengah mendalami pasal yang akan digunakan dalam memberantas mafia sepak bola pada setiap laga di Indonesia.

“Fakta hukum ditemukan apa? kalau unsur tindak pidana penipuan diterapkan pasal-pasal pidana umum. Kalau menyangkut pasal tindak pidana penyuapan kita terapkan Undang-Undang nomor 11 tahun 1998,” kata Dedi.

Halaman
12
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved