Satgas Pangan Minta Aliran Barang Jangan Diganggu, Enam Komoditi Sulit Masuk Bintan

Masalah kerentanan pasokan barang memang tengah jadi perbincangan hangat belakangan. Wacana ini mengemuka pasca Satgas Pangan Lintas Sektoral menerima

Satgas Pangan Minta Aliran Barang Jangan Diganggu, Enam Komoditi Sulit Masuk Bintan
tribun batam
ilustrasi Penyidik Perdagangan Diskoperindag Bintan Setia Kurniawan (Baju Biru) bersama rekannya saat melakukan sidak cabai di pasar di Bintan. 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Kerentanan pasokan kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru perlu jadi perhatian semua pihak. Karena jika terhambat berpotensi mengganggu aliran distribusi barang.

"Kami sempat ada pertemuan antisipasi Natal dan Tahun Baru. Pihak Satgas Pangan menyampaikan ada barang barang masuk seperti beras, minyak, bawang itu tolong jangan dulu diganggulah. Selagi masuknya (aliran barang) ini belum berlebihan, ya jangan dulu diganggulah. Ini kan lagi kekurangan stok, masyarakat menjerit, maksudnya begitu," kata Kabag Ops Polres Bintan, Kompol Robinson Sembiring saat berbicara persiapan operasi Lilin 2018.

Masalah kerentanan pasokan barang memang tengah jadi perbincangan hangat belakangan. Wacana ini mengemuka pasca Satgas Pangan Lintas Sektoral menerima keluhan distributor di Bintan bahwa beberapa barang yang mereka hendak masukan dari Batam tersendet masuk Bintan.

Baca: Kasi Pidsus Kejari Tanjungpinang Meradang. Sebut Wartawan Tanya Korupsi Seperti Merampok

Baca: Mijlan Radovic Pelatih Persib Gantikan Mario Gomez. Ini Kritik Mantan Pemain Timnas

Baca: Doa Untuk Orangtua, Ucapan, Puisi Bahasa Inggris dan Artinya di Hari Ibu

Baca: Gantikan Mario Gomez, Miljan Radovic Terapkan Sepakbola Modern di Persib

Setidaknya ada enam komoditas penunjang kebutuhan pokok yang pasokannya dari Batam sulit masuk ke Bintan. Di antaranya bawang merah jawa, kacang kacangan, hingga minyak goreng. Bahkan bawang merah jawa sudah masuk 'lampu kuning' karena keberadaannya di pasaran kosong.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Bintan, Dian Nusa, menjelaskan sedikit soal kondisi bawang merah jawa. Keberadaan bawang merah jawa saat ini jadi perhatian serius.

Stoknya di pasaran memang menjadi perhatian pihaknya saat ini. Menurutnya kekosongan bawang merah brebes ini terkait pengetatan aliran di jalur distribusi Batam-Bintan.

Terkait kosongan bawang merah Brebes dan sejumlah kebutuhan penting lainnya, kata dia, sudah sampai ketelingan pejabat penting di pemerintahan pusat.
Dian Nusa mengatakan, sewaktu ada rapat membahas soal pangan di provinsi. Dirinya menyuarakan persoalan itu dihadapan pejabat Eselon I di Kementrian Perdagangan RI.

"Waktu itu sudah dilaporkan ke Dirjen Bea Cukai untuk berkoordinasi dengan baik," kata Dian Nusa. Meski demikian, Dian Nusa melaporkan babwa kondisi stok sembako didaerah Bintan masih relatif aman hingga Februari 2019 mendatang. (min)

Penulis: Aminnudin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved