BATAM TERKINI

Selundupkan Barang Bekas dari Singapura Masuk Batam, KM Mutiara Indah Diamankan Aparat Bea Cukai

Kanwil DJBC Khusus Kepri mengamankan KM Mutiara Indah III GT 34 yang berusaha menyelundupkan sejumlah barang bekas dari Singapura ke Indonesia.

Selundupkan Barang Bekas dari Singapura Masuk Batam, KM Mutiara Indah Diamankan Aparat Bea Cukai
DOK Kanwil DJBC Khusus Kepri
Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepulauan Riau (Kepri) berhasil menegah satu kapal, KM Mutiara Indah III GT 34 yang berusaha menyelundupkan sejumlah barang bekas dari Singapura ke Indonesia. 

TRIBUNBATAN.id, BATAM - Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepulauan Riau (Kepri) menegah KM Mutiara Indah III GT 34 yang berusaha menyelundupkan sejumlah barang bekas dari Singapura ke Indonesia.

Penegahan KM Mutiara Indah ini dilakukan kapal BC 20006 bersama satgas patroli laut KPU BC Tipe B Batam BC 7005, Selasa (18/12/2018) pukul 01.00 WIB di sekitar perairan Pulau Buaya, Kepri.

Kepala Kantor Kanwil DJBC Khusus Kepri Agus Yulianto mengatakan, kapal itu diamankan karena sama sekali tidak bisa menunjukkan dokumen yang sah, baik dokumen perjalanan maupun barang yang dibawa kapal tersebut.

Baca: Pernah Terima Teror Bom saat Natal, Polisi Perketat Pengamanan 4 Gereja di Batam Ini

Baca: INFO CUACA BMKG - BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Natuna & Anambas. Ini Prakiraan di Batam

Baca: Sudah Dipecat Persib Bandung, Jonathan Bauman Masih Tunjukkan Kecintaan pada Persib, Ini Buktinya

Baca: Perumahan Laksa View Batam, Tawarkan Pemandangan Birunya Laut Punggur

"Saat ini kapal masih berada di dermaga Kanwil DJBC Khusus Kepri dan masih kami lakukan pemeriksaan," kata Agus, saat dihubungi, Rabu (19/12/2018) malam.

Dugaan sementara, dari hasil pemeriksaan, KM Mutiara membawa sepatu dan baju bekas dalam bentuk karungan (balpres) tanpa disertai dengan dokumen yang sah.

Selain barang bekas dan kapal, petugas juga mengamankan 8 orang yang terdiri dari nakhoda dan anak buah kapal (ABK). "Pengakuan sementara barang bekas ini akan dibawa ke Batam," ujar dia.

Ditanyai berapa jumlah barang tersebut, Agus mengaku belum tahu berapa jumlah pastinya, karena sampai saat ini pihaknya belum selesai melakukan penghitungan.

"Baru dibongkar Rabu pagi kemarin, jadi masih dilakukan pemeriksaan," terang dia. (*)

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bea Cukai Tangkap KM Mutiara Indah, yang Selundupkan Barang Bekas Singapura ke Indonesia"

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved