Kesaksian Bowo, ABK yang Selamat Ketika Kapal Meledak Saat Isi BBM di Sungai Musi: Saya Terpental

Bowo adalah anak buah kapal (ABK) yang selamat dari kapal jukung merk Sumber Agung saat hendak mengisi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker

Kesaksian Bowo, ABK yang Selamat Ketika Kapal Meledak Saat Isi BBM di Sungai Musi: Saya Terpental
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA
Bowo Kiswantoro (23), salah satu ABK kapal yang berhasil selamat dalam ledakan kapal jukung di sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (20/12/2018). 

TRIBUNBATAM.id, PALEMBANG - Wajah trauma atas insiden ledakan kapal jukung di perairan Sungai Musi Dermaga 4 Ulu Palembang, Sumatera Selatan masih terlihat saat Bowo Kiswantoro (23) terduduk di depan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Muhammad Hoesin.

Bowo adalah anak buah kapal (ABK) yang selamat dari kapal jukung merk Sumber Agung saat hendak mengisi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Bunker (SPBB).

Bowo mengatakan, saat kejadian dirinya baru saja selesai mandi di dalam kapal selama menunggu antrean untuk mengisi BBM di lokasi kejadian.

Kapal membawa BBM meledak di Sungai Musi, Palembang
Kapal membawa BBM meledak di Sungai Musi, Palembang (DOK SRIWIJAYA POST)

Baca: Deretan Fakta Kapal Meledak di Sungai Musi, Dekat Jembatan Ampera Palembang

Baca: Video Detik-detik Api Ledakan Kapal Sentuh Jembatan Ampera, 5 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Baca: Kondisi Jembatan Ampera usai Kapal Meledak di Sungai Musi

"Setelah saya selesai, David Faris Sarubi (4) yang ikut di dalam kapal langsung masuk ke kamar mandi, karena hanya ada satu kamar mandi, kami bergantian," kata Bowo.

Menurut Dia, ketika selesai berpakaian, ia terkejut mendengar suara ledakan dari kapal Jasa Mulya yang sedang mengisi BBM di SPBB.

Tumpukan logistik yang ada di dalam kapal pun sempat menimpa Bowo.

"Saya terpental karena guncangan itu, langsung terpikir calon bayi, karena istri sedang hamil. Sekuat mungkin saya berusaha untuk menyelamatkan diri," ujar warga Kecamatan Muara Padang, Kabupaten Banyuasin.

Setelah berhasil menyingkirkan logistik yang menimpanya, Bowo langsung menuju ke kamar mandi untuk menyelamatkan David.

Di dalam kamar mandi, David yang sedang mandi menangis menahan sakit karena terkurung dan mengalami luka sobek di bagian wajah hingga melukai bibirnya akibat terkena serpihan kaca.

"Langsung saya bawa keluar, waktu itu hanya membawa baju saja, ponsel tertinggal. Ketika di luar ada kapal tugboat kami langsung diselamatkan," ungkap calon bapak ini yang terlihat gemetar. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Bowo Selamat dari Ledakan Perahu di Sungai Musi Setelah Ingat Calon Bayi " 

Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved