Polres Anambas Lakukan Pemusnahan Produk Makanan yang Kedaluarsa

"Ada 76 produk yang diamankan dan selanjutnya dimusnahkan," ujar Kapolres Anambas AKBP Junoto

Polres Anambas Lakukan Pemusnahan Produk Makanan yang Kedaluarsa
Tribunbatam.id/Septyan Mulia Rohman
Pemusnahan sejumlah produk usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi 2018 di halaman Mapolres Anambas oleh Kapolres, Danlanal, Pabung Kodim 0318/Natuna, dan Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra Jumat (21/12/2018). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Aneka produk makanan terlihat dikumpulkan oleh beberapa anggota Polres Anambas Jumat (21/12/2018) pagi.

Tak cuma makanan, larutan pemutih untuk mencuci pakaian pun, ikut dimasukkan ke dalam lubang sedalam lebih kurang satu meter.

Minyak tanah pun, kemudian dituang ke dalam lubang dan dibakar oleh Kapolres, Danlanal Tarempa, Pabung Kodim 0318/Natuna, dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas.

Larutan pemutih dan sejumlah aneka produk makanan dan minuman ini yang dimusnahkan ini dikarenakan karena telah melewati tanggal batas edar.

Terdapat tiga gudang di Pulau Siantan yang menjadi target pengungkapan produk oleh tim yang dilakukan selama dua hari, terhitung Rabu (19/12/2018) kemarin.

"Ada 76 produk yang diamankan dan selanjutnya dimusnahkan," ujar Kapolres Anambas AKBP Junoto usai apel gelar pasukan Lilin Seligi 2018 Jumat (21/12/2018).

‎Pemilik toko, lanjut Kapolres mengaku sudah menyimpan aneka produk yang diamankan ini. surat peringatan, menurutnya telah diterbitkan kepada sejumla penjual dengan harapan penjual dapat memilah aneka produk sebelum diedarkan dan dijual kepada konsumen.

Dalam pengungkapan ini pun, kepolisian juga dibantu dengan Pemerintah Daerah melalui OPD terkait, termasuk melibatkan perwakilan BPOM.

"Selain ditarik, nanti kita dalami. Pendistribusian masalah waktu dan pengiriman, harus kita luruskan dan tertibkan. ‎Untu di pulau lain, nanti ada dikoordinsikan," ungkapnya.

Ia pun mengimbau kepada pemilik usaha yang menjual aneka produk untuk lebih intensif memilah aneka produk barang dagangannya.

Ini menurutnya penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti adanya keracunan akibat mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang telah melewati tanggal batas edar itu.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved