Harga Cabai Setan Semakin Pedas, Sekilo Dijual Rp 95 Ribu di Pasar Legenda Batam Center

Jelang Tahun 2019, kenaikan beberapa harga sembako sudah mulai dirasakan oleh masyarakat Batam.

Harga Cabai Setan Semakin Pedas, Sekilo Dijual Rp 95 Ribu di Pasar Legenda Batam Center
TRIBUNBATAM.id/ARGIANTO DA NUGROHO
Warga saat membeli cabai rawit setan di Pasar Mega Legenda, Batam Center, Minggu (23/12). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Jelang Tahun 2019, kenaikan beberapa harga sembako sudah mulai dirasakan oleh masyarakat Batam.

Hal ini terlihat dari beberapa harga bahan pangan mengalami kenaikan yang cukup signifikan di Pasar Mega Legenda Batam Center.

Penjual komoditas bahan pangan Mega Legenda, AR Pasaman, mengatakan harga cabai setan saat ini sudah mencapai Rp 95 ribu hingga Rp 100 ribu perkilogram.

Padahal sebelumnya ia menjual hanya Rp 35 ribu perkilogram.

"Begitu stok lama habis, cabe setan saya tak berani ambil karena dari sananya (distributor) sudah mahal sekali. Saya bingung mau jual berapa ke orang," ujar AR kepada Tribun, Minggu (23/12/2018).

Pantauan Tribun di toko tersebut, tidak ada menyediakan cabai setan. Padahal sebelumnya ia menjual komoditas cabai setan.

"Tumben ya tak ada ya bang. Padahal aku langganan ambil sama abang ini," ujar salah seorang pembeli.

AR melanjutkan kenaikan tak hanya terjadi pada cabai saja. Namun cabai merah dan rawit. Biasanya dijual dengan harga Rp 35 ribu per kilogram, ia menjual dengan harga Rp 40 ribu perkilogram. Begitu pula harga tomat, biasanya AR menjual dengan harga Rp 10 ribu perkilogram saat ini Rp 16 ribu.

"Lalu bawang jawa harga biasa Rp 25 ribu perkilogramnya, sekarang Rp 34 ribu perkilogram kak. Nah bawang birma biasanya Rp 8 ribu perkilo naik jadi Rp 24 ribu perkilogram," ujar AR.

Sementara untuk harga sayur mayur masih kategori normal kecuali bayam. Biasanya harga bayam hanya Rp 6 ribu perkilogram, saat ini mencapai harga Rp 16 ribu perkilogram.

Tak hanya itu, penjual bumbu masakan, Adit mengakui juga menjual harga cabai merah dan cabai rawit Rp 40 ribu hingga Rp 41 ribu perkilogram. Padahal biasanya harga cabai merah dan rawit hanya Rp 35 ribu.

"Bawang jawa Rp 36 ribu perkilogram. Sebelumnya 25 ribuan perkilo kak," tutur Adit.

Toko komoditas pangan lainnya, Gimi menyebutkan harga telur ayam saat ini mencapai Rp 16 ribu padahal sebelumnya hanya Rp 14 ribu. Begitu juga dengan cabai setan, Gimi menjual Rp 75 ribu perkilogram.

"Biasanya paling Rp 35 ribu atau Rp 36 ribu perkilo (cabai setan). Sudah 2 hari ini naik harganya," ujar Gimi sembari melayani pelanggan lainnya. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved