Nelayan Harus Perbaharui Informasi Cuaca Sebelum Lakukan Aktivitas, Ini Pesan Danlanal Tarempa

"Saya mengimbau, jangan terlalu memaksakan kehendak. Mohon untuk selalu memperbaharui informasi tentang cuaca sebelum melaukan aktivitas di laut," uja

Nelayan Harus Perbaharui Informasi Cuaca Sebelum Lakukan Aktivitas, Ini Pesan Danlanal Tarempa
safehavenmarineold
Ilustrasi kapal saat berada di tengah ombak besar 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Komandan Lanal Tarempa meminta kepada pemilik kapal laut untuk benar-benar memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan aktivitas pelayaran.

Cuaca laut yang cenderung kurang kondusif, biasa terjadi pada akhir tahun, menurutnya harus menjadi pertimbangan sebelum melakukan aktivitas.

"Saya mengimbau, jangan terlalu memaksakan kehendak. Mohon untuk selalu memperbaharui informasi tentang cuaca sebelum melaukan aktivitas di laut," ujar Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Nur Rochmad Minggu (23/12/2018).

Seruan yang ia sampaikan ini juga ditujukan kepada nelayan tradisional di Anambas. Ia cukup mengetahui kalau saat kondisi cuaca seperti ini, sejumlah ikan kerap muncul untuk berburu makanan.

Namun pertimbangan akan keselamatan, juga tidak kalah penting dengan mencari ikan di laut. Tidak dipungkiri, beberapa kejadian kapal dari Anambas memang begitu menjadi perhatian semua pihak.

Baca: Sungai Sagulung Bisa Jadi Ikon Baru Wisata Batam, Warga Dorong Pembangunan

Baca: GEMPA HARI INI - Gempa 5.0 di Pariaman Tak Berpotensi Tsunami, Terasa Hingga Mandailing Natal Sumut

Baca: GEMPA HARI INI - Sebelum Gempa 5.0 SR di Pariaman, Gempa 2.8 SR Guncang Bukittinggi Minggu Malam

Baca: Amankan Ibadah Natal, Brimob Akan Sterilkan Gereja di Karimun. Terjunkan 203 Personel

Terbaru, KM Star 58 yang bertolak dari Desa Keramut Kecamatan Jemaja sempat hilang kontak saat berlayar menuju Tanjungpinang Kamis (20/12/2018) kemarin, meski akhirnya ditemukan oleh KM. Pasola.

"Mohon untuk diperhatikan juga peralatan atau kelayakan kapal," ungkapnya.

Selain fokus pada kondisi cuaca di laut, informasi soal keselamatan dan keamanan khususnya jelang Natal dan tahun baru juga menjdi perhatian Polres Anambas dan tim terpdu natal dan tahun baru.

Kapolres Anambas, AKBP Junoto mengatakan, pihaknya bakal memberi informasi berkaitan hal itu kepada masyarakat.

"Tim terpadu akan terus memperbaharui informasi, seperti cuaca misalnya. Terlebih, ketika ada cuaca yang terbilan ekstrim di laut," ungkapnya. ‎

Tim yang terdiri dari unur TNI/Polri, Pemerintah Daerah, Basarnas dan sejumlah organisasi kemasyarakatan ini nantinya akan saling berkoordinasi mengenai informasi selama natal dan tahun baru 2019. Kondusifitas jelang natal dan malam pergantian tahun, memang begitu menjadi perhatian tim.

"Itu juga menjadi salah satu fokus tim terpadu. Salah satu langkah yang kami lakukan dengan menggelar operasi keliling untuk memastikan situasi menjelang dan saat perayaan natal dan malam pergantian tahun benar-benar kondusif," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved