Tsunami Banten, Facebook Aktifkan Safety Check. Begini Cara penggunaanya

Atas kejadian tersebut Facebook pun sigap menyertakan informasi bencana di fitur Crisis Response dan Safety Check.

Tsunami Banten, Facebook Aktifkan Safety Check. Begini Cara penggunaanya
Kompas.com
fitur safety check yang aktif setelah tsunami di Banten Sabtu (22/12/2018) 

TRIBUNBATAM.id - Penanganan bencana tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang terus bertambah.

Hingga Minggu (23/12/2018) pukul 10.00 WIB, data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 62 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka dan 20 orang hilang.

Kerugian fisik akibat tsunami tersebut, meliputi 430 unit rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, 10 kapal rusak berat dan puluhan rusak.

Atas kejadian tersebut Facebook pun sigap menyertakan informasi bencana di fitur Crisis Response dan Safety Check.

Fitur ini digunakan pengguna yang berada di sekitar wilayah terdampak bencana untuk memberikan informasi terkini pada area tersebut.

Teman yang terhubung lewat Facebook juga bisa memantau lewat halaman Crisis Response. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa login ke Facebook, lalu di halaman utama klik "See More" di sebelah kiri deretan menu.

Fitur Safety Check (Kompas.com)
Fitur Safety Check (Kompas.com) ()

Setelah dibeberkan beberapa menu lainnya, pilih "Crisis Response". Di halaman ini, pengguna bisa melihat beberapa bencana terkini, termasuk bencana tsunami yang melanda Banten malam tadi.

Setelah tiba di halaman Crisis Response, pilih postingan "The Tsunami near Sunda Strait, Indonesia".

Di situ akan tampil halaman beranda Crisis Response tsunami Banten. Di sini, pengguna bisa melihat informasi dan fakta terkini dari beberapa situs berita daring terkait bencana tsunami Banten, sekaligus rangkuman bencana.

Facebook tanggap bencana (Kompas.com)
Facebook tanggap bencana (Kompas.com) ()

Safety check Selain berita, facebook juga mengaktifkan Safety Check. Pengguna Facebook yang berada di lokasi sekitar Banten dan Anyer akan menerima notifikasi apakah mereka aman dari bencana tsunami atau tidak.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved