BATAM TERKINI

VIDEO - Polresta Barelang Bekuk Calo Tiket Kapal di Batu Ampar Batam

Polresta Barelang berhasil mengamankan 2 calo tiket yang beraksi di pelabuhan Batu Ampar. Begini penjelasan Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Polresta Barelang berhasil mengamankan dua calo tiket yang sedang beraksi di pelabuhan Batu Ampar, Batam.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki memimpin ekspose kasus calo tiket yang diamankan oleh jajaran Polsek KKP di Mapolresta Barelang, Senin (24/12/2018) siang.

Menurut Hengki, dua orang tersebut masing-masing berinisial I dan Rs. Keduanya ditangkap di Pelabuhan Batuampar ketika menjajakan tiket miliknya.

Dari hasil pemeriksaan, ada dua modus yang terungkap oleh penyidik dalam proses percaloan tiket ini. Yang pertama calo mengaku membeli tiket orang yang cancel.

"Untuk modus pertama, mereka memanfatkan orang yang meng-cancel tiket alias tidak jadi berangkat. Dari pada tiket itu hangus, si calo membeli dengan harga murah kemudian dijual dengan harga tinggi kepada penumpang lainnya," sebut Hengki.

Baca: Ratusan Ribu Pegawai Negeri Amerika Serikat Terancam Tak Gaji hingga Tahun Baru. Ini Sebabnya!

Baca: H-1 Jelang Natal, Begini Kondisi Arus Mudik di Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Punggur Batam

Baca: RESEP MASAKAN - Resep Es Agar-agar dengan Lengkeng. Segar dan Manis Diminum saat Panas

Baca: Jelang Natal, Wakapolda Kepri Cek Pos Pelayanan di Pelabuhan Batam, Bintan dan Tanjungpinang

Kemudian modus yang kedua yakni dengan menggunakan KTP orang lain.

Entah dari mana pelaku mendapatkan identitas orang lain untuk membeli tiket. Kemudian tiket tersebut ia jual dengan orang lain.

"Jadi si pemegang tiket identitasnya berbeda. Tidak sama dengan penumpang. Kalau orang kapal tidak hati-hati, pasti akan lolos," sebutnya.

Menurut Hengki, bahanya jika identitas penumpang tidak sesuai dengan pemilik tiket. Jika terjadi kecelakaan, nantinya penumpang tidak akan mendapatkan asuransi.

"Kita tidak berharap ada kecelakaan. Namun jika itu terjadi, yang rugi dia sendiri. Makanya kita berharap masyarakat jangan mudah tertipu dan membeli tiket sesuai dengan yang ada," tegasnya. (koe)

Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved