ANAMBAS TERKINI

Tak Diindahkan, Alat Peraga Kampanye Bakal Dicabut Paksa, Bawaslu Anambas Kirim Surat ke Parpol

"‎Sesuai dengan aturan seperti itu. Meskipun gudang yang terpasang itu merupakan gudang yang disewa oleh salah satu Organisasi Perangkat Daerah," ujar

Tak Diindahkan, Alat Peraga Kampanye Bakal Dicabut Paksa, Bawaslu Anambas Kirim Surat ke Parpol
TRIBUNBATAM.id/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Alat Peraga Kampanye (APK) caleg dari beberapa partai politik yang terpasang di dinding gudang yang disewa salahsatu OPD di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan Kamis (27/12/2018). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang dipasang di samping gudang yang disewa salah satu OPD di Desa Tarempa Barat Kecamatan Siantan, begitu menjadi perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas.

Mereka pun bakal mencabut paksa sejumlah poster dan stiker calon legislatif dari sejumlah partai politik itu bila alam waktu 1 x 24 jam tidak juga diindahkan oleh partai.

"‎Sesuai dengan aturan seperti itu. Meskipun gudang yang terpasang itu merupakan gudang yang disewa oleh salah satu Organisasi Perangkat Daerah," ujar Ketua Bawaslu Anambas, Yopi Susanto Kamis (27/12/2018).

Yopi menjelaskan kalau sebelumnya Bawaslu telah menyurati OPD teknis tersebut, bahwa gudang yang mereka sewa banyak terpasang APK caleg sejumlah parpol.

Tidak hanya OPD, surat juga dilayangkan ke sejumlah partai politik yang APK nya terpasang di sisi samping gudang yang bersinggungan dengan jalan itu pada Rabu (26/12/2018) kemarin.

"Beberapa partai politik peserta Pemilu yang memasang APK nya di titik itu sudah kami surati melalui surat dengan nomor 171/K.Bawaslu.KR-05/PM.00.02/XII/2018," ungkapnya.

Baca: Dorong Perekonomian Keluarga, Walikota Tanjungpinang Lantik Istri sebagai Ketua Dekranasda

Baca: Terus Dikuntit dan Dilecehkan, Wanita Ini Potong Alat Vital Pria Lalu Membawanya ke Rumah Sakit

Baca: 273 Kilometer Jalan Lingkungan Dibangun Disperakimtan Batam dari Dana PIK Sejak 2016

Baca: Delon Idol Hadir di Tanjungpinang. Masyarakat Bisa Jumpa di Legacies Resto & Lounge

Meski telah menyurati sejumlah partai politik, namun ia menglaim kalau tingkat pelanggaran terkait pemasangan APK di Anambas masih terbilang minim.

Ia juga menyerukan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu juga bisa membantu dalam memantau pemasangan APK yang dipasang pada sejumlah titik di Anambas ini.

"Untuk pelanggaran terbilang minim. Pemasangan APK yang di gudang itu pun, mungkin karena ketidaktahuan partai politik kalau bangunan tersebut disewa oleh Pemerintah Daerah," bebernya.
Pendataan APK di lokasi ini pun, sebelumnya juga menjadi perhatian Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Siantan.

Anto, komisioner Panwascam Siantan mengatakan, pendataan dilakukan setelah adanya keluhan dari pemililk rumah yang dinding rumahnya tertempel stiker maupun poster caleg dari sejumlah parpol peserta Pemilu di Anambas.

Panwascam selanjutnya membuat surat ke Bawaslu Kabupaten ‎yang diteruskan ke Satpol PP untuk mengeksekusi APK yang melanggar aturan yang berlaku.

"Ini juga yang masu jadwal pendataan kami. Tindaklanjutnya seperti itu," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved