BPJS KESEHATAN

BPJS Kesehatan Cabang Batam Gencar Sosialisasikan Perpres Baru

dalam kegiatan sosialisasi kepada HRD badan usaha awal Desember lalu, sekitar 200 badan usaha hadir. Pada saat itu Asisten Deputi Bidang Monitoring da

BPJS Kesehatan Cabang Batam Gencar Sosialisasikan Perpres Baru
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan 

TIBUNBATAM.id, BATAM - Peraturan Presiden No.82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan merupakan ketentuan baru yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional yang berlaku per 18 Desember 2018.

Aturan tersebut memuat perubahan tentang ketentuan pendaftaran bayi baru lahir, status kepesertaan bagi perangkat desa, status peserta yang ke luar negeri, aturan suami istri sama-sama bekerja, tunggakan iuran, denda layanan, serta aturan JKN-KIS terkait pemutusan hubungan kerja.

Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan mengatakan ketentuan tersebut penting untuk diketahui oleh masyarakat dan khususnya peserta JKN-KIS. Mengingat pentingnya peraturan ini, Irfan mengaku BPJS Kesehatan Cabang Batam gencar melakukan sosialisasi ke berbagai pihak.

“Minggu lalu, BPJS Kesehatan melalui Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan sudah melakukan sosialisasi ke badan usaha. Lalu selanjutnya ke pimpinan rumah sakit dan klinik utama,” kata Irfan dalam Kegiatan Konferensi Pers di Ruang Rapat BPJS Kesehatan Cabang Batam, Rabu (19/12/2018).

Baca: Duta BPJS Kesehatan Gercep Minta Peserta Download Mobile JKN. Tersedia Fitur Pembayaran

Baca: BPJS Kesehatan Dukung Pemerintah Lewat Inovasi Pelayanan Publik

Baca: Jadi Pembicara Pola Hidup Sehat yang Digelar BPJS Kesehatan, Mama Hadi Senang Diajak ke Anambas

Baca: Pastikan Kartu Sampai ke Peserta, BPJS Kesehatan Lakukan Spot Check

Menurutnya, dalam kegiatan sosialisasi kepada HRD badan usaha awal Desember lalu, sekitar 200 badan usaha hadir. Pada saat itu Asisten Deputi Bidang Monitoring dan Evaluasi Kedeputian Wilayah Sumbagteng dan Jambi hadir dan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Tidak hanya kepada badan usaha, sosialisasi Perpres 82 tahun 2018 juga dilakukan kepada pimpinan rumah sakit dan klinik utama yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan pada 17 Desember 2018. Kegiatan tersebut dilakukan bersamaan dengan penandatanganan komitmen pelayanan tahun 2019.

Selain kepada stakeholder, Irfan mengaku pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui talkshow di beberapa radio. Seperti Batam FM, Serumpun FM dan RRI Batam.

Hal ini dilakukan agar masyarakat khususnya peserta PBPU bisa mengetahui dan memahami ketentuan pelayanan yang baru terutama tentang aturan bayi baru lahir dan tunggakan iuran.

Awang, salah satu responden radio di Batam FM mengatakan sosialisasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Batam sangat bermanfaat. Hal ini dikatakan mengingat dirinya yang sama sekali belum tau tentang keberadaan perpres baru tersebut.

"Seiring berjalannya implementasi perpres baru tersebut, semakin banyak masayarakat yang paham dengan prosedurnya sehingga tidak mendapatkan kendala dalam memperoleh pelayanan kesehatan," ungkap Irfan.(*)

Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved