BPJS KESEHATAN

Perusahaan Bingung Gunakan CSR, Ayo Salurkan untuk Donasi Iuran JKN Saja

program JKN yang diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia sudah seharusnya didukung. Dukungan yang dapat diberikan o

Perusahaan Bingung Gunakan CSR, Ayo Salurkan untuk Donasi Iuran JKN Saja
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Direktur Rumah Sakit Harapan Bunda dr Made Tantra Wiratama 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Seperti yang diketahui, setiap perusahaan tentunya memiliki dana tanggung jawab sosial badan atau yang biasa disebut CSR atau Corporate Social Responsibility.

Alokasi dana tersebut biasanya dilakukan perusahaan untuk memberikan bantuan ke masyarakat berupa bantuan dana pendidikan, sosial keagamaan dengan memberikan bantuan ke musholla atau memberikan bantuan ke daerah yang mengalami bencana.

Sebenarnya ada cara lain yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menggunakan dana CSR nya yaitu dengan berpartisipasi membantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa menjadi peserta JKN-KIS melalui program donasi.

Direktur Rumah Sakit Harapan Bunda, dr Made Tantra Wiratama mengatakan bahwa program tersebut sangat bagus dilakukan oleh perusahaan, khususnya di Kota Batam. Mengingat banyaknya warga yang masih tergolong kurang mampu di kota ini.

Menurutnya banyak pasien yang pada akhirnya tidak dapat menyelesaikan pembayaran di rumah sakit karena alasan tidak mampu. Biasanya, bagi yang memiliki KTP Batam dianjurkan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta PBI.

Baca: RS Camatha : Rujukan Online Bentuk Transparansi kepada Peserta

Baca: Kader JKN Ini Pantang Pulang Sebelum Peserta Bayar Iuran

Baca: BPJS Kesehatan Cabang Batam Gencar Sosialisasikan Perpres Baru

Baca: Demi Kenyamanan Peserta, RS Awal Bros Gunakan Sistem Antrian Via Whatsapp

Namun bagi pasien yang tidak memiliki KTP Batam dan tidak mampu membayar biaya rumah sakit disitulah rumah sakit menjalankan fungsi sosialnya.

“Banyak pasien yang akhirnya kita tanggung karena memang tidak sanggup membayar, dan tidak bisa mendaftar sebagai peserta PBI,” katanya.

Menurutnya, program JKN yang diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia sudah seharusnya didukung. Dukungan yang dapat diberikan oleh perusahaan adalah dengan memberikan donasi tersebut.

“Tidak semua orang yang kurang mampu dapat dibantu oleh pemerintah, karena tentu anggaran pemerintah juga terbatas,” sebutnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut Made mengharapkan perusahaan di Kota Batam dapat berpartisipasi dalam program donasi ini.

Mengingat jumlah perusahaan di Batam yang cukup banyak, maka apabila beberapa perusahaan mau berpartisipasi maka akan sangat membantu, terlebih lagi jika sebagian besar perusahaan di Kota Batam dapat ikut berpartisipasi.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Batam, Maihendra mengatakan bahwa bagi perusahaan yang ingin memberikan anggaran CSR nya untuk program donasi, pihaknya sangat terbuka.

Perusahaan dibebaskan untuk menentukan jumlah donasi dan diperuntukkan kepada siapa donasi tersebut. Harapannya setelah ini banyak perusahaan yang terinspirasi dan selanjutnya berpartisipasi dalam program donasi untuk JKN KIS yang berkesinambungan.(*)

Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved