ANAMBAS TERKINI

Belum Disosialisasikan, Pemkab Anambas Tunda Program Jaminan Hari Tua Bagi Ribuan PTT di APBD

Ia menjelaskan, di akhir tahun 2018, sosialisasi secara bertahap sudah dilakukan dengan menyasar ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Anambas

Belum Disosialisasikan, Pemkab Anambas Tunda Program Jaminan Hari Tua Bagi Ribuan PTT di APBD
TRIBUNBATAM.id/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Pegawai Tidak Tetap (PTT) saat apel di halaman kantor Bupati beberapa waktu lalu. Tribun/Septyan Mulia Rohman. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Pemerintah Daerah menunda program Jaminan Hari Tua (JHT) direalisasikan pada APBD murni tahun anggaran 2019.

Program yang rencananya khusus untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) ini, terpaksa ditunda karena belum adanya sosialisasi yang dilakukan kepada PTT di Anambas itu.

"Saat pembahasan anggaran APBD murni kemarin, PTT belum disosialisasikan. Sehingga program ini terpaksa ditunda," ujar Yunizar Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas Selasa (1/1/2019).

Baca: LIGA 1 2019 - Pelatih Persebaya Rekomendasikan 17 Pemain, Baru 13 Orang yang Pasti, Yang Lain?

Baca: Polri Minta Jangan Ada Balas Dendam, Simak 4 Fakta Pengeroyokan Anggota Brimob hingga Tewas

Baca: Tak Cuma Kai EXO dan Jennie BLACKPINK, 6 Pasangan Ini Juga Tertangkap Kamera Dispatch. Siapa Saja?

Ia menjelaskan, di akhir tahun 2018, sosialisasi secara bertahap sudah dilakukan dengan menyasar ke sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Siantan Timur dan Kecamatan Siantan termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sosialisasi juga menyasar ke sejumlah kecamatan lain pada tahun 2019, salahsatunya untuk mensosialisasikan hak dan kewajiban jaminan sosial ketenagakerjaan.

Program Jaminan Hari Tua ini sendiri merupakan satu dari sejumlah program yang berasal dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Dalam skema iuran yang telah diatur, iuran yang harus dikeluarkan oleh pemberi kerja untuk mengikuti program Jaminan Hari Tua ini sebesar 3,7 persen, sedangkan untuk pekerja dibebankan sebesar 2 persen.

"Untuk di Anambas, kami lakukan secara bertahap. Upaya merealisasikan program Jaminan Hari Tua ini merupakan tahap ketiga di tahun 2019 ini. Untuk dua program BPJS ketenagakerjaan lainnya seperti program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian sudah ditanggung Pemerintah Daerah sejak tahun 2017," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved