PEMILU 2019

Belum Terdaftar Sebagai Pemilu untuk Pemilu 2019? KPU Batam: Segera Lapor ke PPS Kelurahan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan mulai melakukan tahapan Daftar Pemilih Khusus (DPK-2) pada tanggal 6-15 Maret 2019 di Kota Batam

Belum Terdaftar Sebagai Pemilu untuk Pemilu 2019? KPU Batam: Segera Lapor ke PPS Kelurahan
Tribunbatam.id/Alfandi
Sudarmadi, Komisioner KPU Batam, Divisi Program dan Data 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam akan mulai melakukan tahapan Daftar Pemilih Khusus (DPK-2) pada tanggal 6-15 Maret 2019 di Kota Batam.

Pada kesempatan ini, KPU mengajak masyarakat yang belum terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) di dalam Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih), untuk melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kelurahan masing-masing untuk di data.

"Nah bagi warga Batam yang belum terdaftar dan belum masuk pada penetapan DPTHP-2, bisa segera melapor ke PPS di kelurahan masing-masing dengan membawa foto copy KTP-el dan Kartu Keluarga(KK),"terang Komisioner KPU Batam, Divisi Program dan Data, Sudarmadi, Minggu (06/01/2019).

Baca: Siap-siap, Pengurusan dan Perpanjang SIM Kini Wajib Tes Pisikologi. Ini Kata Ditlantas Polda Kepri

Baca: Kronologi Terbongkarnya Kasus Prostitusi Online yang Jerat Vanessa Angel, Berawal dari Akun Medsos

Baca: Seminggu Sebelum Debat, KPU Kirimkan Daftar Pertanyaan Kepada Capres dan Cawapres

Baca: TRANSFER LIGA 1 - Gabung Persija Jakarta, Ini Alasan Bruno Oliveira Matos Pilih Liga Indonesia

Lanjutnya, proses tahapan DPK-2 ini dilakukan bagi warga Batam, agar hak memilih warga yang mempunyai KTP-el yang belum terdaftar di DPTHP-2 bisa diakomodir.

Selain itu, juga untuk mengakomodir pemilih pemula yang baru memiliki KTP-el sebelum hari proses pemilihan dan pemungutan suara dilaksanakan.

"Nah proses ini salah satunya bertujuan untuk mengakomodir warga yang belum terdaftar tapi memiliki KTP-el,khususnya bagi pemilih pemula yang juga baru mengurus dan mememiliki KTP-el sebelum hari pemungutan suara pada pemilu 2019," katanya.

Sudarmadi menghimbau warga Batam yang hendak pindah keluar Kota dan pindah tempat memilih, agar melapor juga ke PPS masing-masing.

Karena disamping dilakukannya tahapan DPK-2, KPU juga turut melakukan tahapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan(DPTb).

Dimana DPTb ini adalah pemilih yang sudah terdata dalam DPT, namun ingin pindah memilih di TPS yang berbeda dari lokasi yang sudah didata.

Aturan ini sesuai dengan UU Pemilu menyebutkan beberapa macam pemilih DPTb yakni Pindah memilih karena menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain,menjalani rawat inap di rumah sakit atau keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas di panti sosial.

Selanjutnya, menjalani rehabilitasi narkoba, tahanan,siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah, pindah domisili dan korban bencana.

"Jadi nanti pemilih yang ingin pindah memilih harus mengurus surat pindah memilih (form A5) di Panitia Pemungutan Suara (PPS/kelurahan) paling lambat 30 hari sebelum pemungutan suara 2019 dilaksanakan,"jelasnya.(als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved