CPNS

Tunggu SK, 353 orang CPNS Pemko Batam Lolos Seleksi Langsung Kerja Minggu Ketiga Februari 2019 

SK CPNS keluar kita perkirakan minggu ketiga Februari terbit. Kalau di akhir Februari terbit, berarti TMT 1 Maret proses bekerjanya," kata Sahir

Tunggu SK, 353 orang CPNS Pemko Batam Lolos Seleksi Langsung Kerja Minggu Ketiga Februari 2019 
TRIBUNBATAM.id/DEWI HARYATI
Sebanyak 353 orang CPNS yang lolos seleksi 2018 mengikuti bimbingan dan arahan yang digelar Pemko Batam, Senin (1/7/2019) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sebanyak 353 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos tes 2018 lalu, ditargetkan sudah mulai bekerja pada minggu ketiga Februari 2019. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Sahir.

"Surat Keputusan (SK) CPNS keluar kita perkirakan minggu ketiga Februari terbit. Kalau di akhir Februari terbit, berarti TMT (Terhitung Mulai Tanggal) 1 Maret proses bekerjanya," kata Sahir di Gedung Wali Kota Batam, Senin (7/1/2018).

Senada disampaikan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin saat ditanyakan kapan CPNS yang sudah lolos seleksi itu, mulai aktif bekerja sebagai CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

"Kapan mulai aktif, begitu SK keluar," kata Jefridin.

Senin, Pemko Batam memang memanggil seluruh CPNS yang lolos seleksi tersebut untuk hadir di lantai IV Gedung Wali Kota Batam. Semuanya hadir. Kepada mereka diberikan pengarahan teknis dalam melengkapi berkas persyaratan.

Baca: INFO CPNS 2018 - Senin (7/1), Peserta Lolos CPNS Batam 2018 Wajib Berkumpul. Ini Yang Harus Dibawa

Baca: 353 Orang Lulus CPNS di Lingkungan Pemko Batam, Adakah Nama Anda? Ayo Cek di bkpsdm.batam.go.id

Baca: Ini Link Pengumuman Peserta Lolos SKB CPNS 2018 di 33 Instansi yang Bisa di Download

"Pengarahan tadi hanya teknis untuk melengkapi berkas. Menurut kami berkasnya sudah mereka siapkan kemarin saat pendaftaran, tapi perlu diperbaharui lagi," ujar Sahir.

Hal ini sebagaimana arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Mereka tetap meminta agar proses pemberkasan dilakukan.

"Mungkin juga karena dari pendaftaran sampai sekarang itu ada jeda. Bisa saja tadinya tidak pakai narkoba, lalu di malam tahun baru kemarin dia pakai. Tentu kita tidak menginginkan itu. Walaupun lulus SKD (seleksi kompetensi dasar) dan SKB (seleksi kemampuan bidang), tapi kan ini penting," katanya.

Sementara itu, ada 13 jenis surat yang harus dikumpulkan para CPNS itu paling lambat 21 Januari mendatang. Diantaranya surat kesehatan, pernyataan tidak pernah dijatuhi hukuman penetapan dari pengadilan.

Kemudian Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pernyataan tidak pernah sebagai pengguna narkoba, dan lainnya. Informasi lengkap bisa dilihat di laman bkpsdm.batam.go.id.

Sahir mengatakan, bila nanti ada satu diantara persyaratan yang tak terpenuhi, keputusan kelulusan sebelumnya bisa dianulir. Misal hasil pemeriksaan ternyata positif narkoba, maka dapat menggugurkan dia sebagai CPNS Kota Batam.

"Tapi semua keputusannya ada di Menpan-RB. Karena ada pertimbangan teknis untuk pemberian NIP (nomor induk pegawai). Yang tidak diterbitkan artinya ada masalah," ujar Sahir.

Sebelumnya diberitakan, dari kuota kebutuhan 363 CPNS Kota Batam, hanya 353 orang yang dinyatakan lulus CPNS. Ada 10 formasi yang tak terisi alias kosong. Yakni lima dokter spesialis, dua perawat terampil, dua formasi K2 dan satu untuk disabilitas.(wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved