KARIMUN TERKINI

Prakiraan Cuaca BMKG di Karimun pada Rabu & Kamis Besok. Masih Aman Bagi Pelayaran dan Penerbangan

Masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat, udara dan laut di sekitar perairan Karimun," kata Raden Eko Sarjono

Prakiraan Cuaca BMKG di Karimun pada Rabu & Kamis Besok. Masih Aman Bagi Pelayaran dan Penerbangan
Staf BMKG Karimun Pande Pewarta menjelaskan prakiraan cuaca yang anomali di Karimun. Foto diambil beberapa waktu lalu 

BMKG Rilis Prakiraan Cuaca di Karimun Untuk Rabu dan Kamis Besok. Masih Aman Untuk Aktivitas Pelayaran dan Penerbangan

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Raja Haji Abdullah (RHA), Tanjungbalai Karimun merilis prakiraan cuaca di wilayah Karimun dan sekitarnya untuk Rabu dan Kamis (9-10/1/2019) besok mulai sekitar pukul 07.00 WIB.

BMKG Bandara RHA Tanjungbalai Karimun dalam rilisnya yang diterima TribunBatam.id, Selasa (8/1/2019) memprakirakan cuaca di Kabupaten Karimun sekitarnya secara umum cerah berawan hingga berawan.

Karimun juga diprakirakan berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kepala BMKG Bandara RHA Tanjungbalai Karimun, Raden Eko Sarjono mengatakan hal itu disebabkan adanya daerah bertekanan rendah di sekitar wilayah Kepri menyebabkan terkumpulnya masa udara yang mendukung pertumbuhan awan-awan konvektif atau awan-awan penyebab hujan.

Kondisi ini, kata Eko masih kondusif untuk aktivitas pelayaran dan penerbangan di Bandara RHA Tanjungbalai Karimun.

Baca: Cuaca Buruk, Polres Tanjungpinang Minta Penumpang Pompong ke Penyengat Pakai Life Jacket

Baca: Jika Cuaca Buruk, Aparat Minta Nelayan di Kepri Tak Nekat Melaut

Baca: Nelayan Harus Perbaharui Informasi Cuaca Sebelum Lakukan Aktivitas, Ini Pesan Danlanal Tarempa

"Kondisi ini secara umum, masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat, udara dan laut di sekitar perairan Karimun," kata Raden Eko Sarjono kepada TribunBatam.id, Selasa.

Hal itu juga didukung prakiraan gelombang laut di sekitar perairan Karimun dengan tinggi gelombang antara 0,2 hingga 0,6 meter dengan kecepatan arus laut sekitar 55 cm per detik.

Namun begitu, khusus bagi perairan di wilayah Kabupaten Natuna dan Kepulauan Anambas, Raden Eko mengimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi antara 0,3 hingga 2,5 meter dengan kecepatan arus laut sekitar 70 cm per detik di sekitar perairan Natuna dan 55 cm per detik di sekitar perairan Anambas.

Perihal potensi hujan lokal, BMKG Bandara RHA Tanjungbalai Karimun memprakirakan terjadi pada hampir 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

Pada umumnya, hujan lokal diprakirakan terjadi pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB, pukul 16.00 WIB untuk sebagian wilayah seperti Kecamatan Buru, Karimun, Meral Barat, Meral dan Kecamatan Tebing.

Hujan lokal diprakirakan kembali melanda sekitar pukul 01.00 dini hari pada hampir 12 kecamatan dan pada subuh hari sekitar pukul 04.00 WIB pada sebagian wilayah seperti Kecamatan Belat, Kundur Barat, Kundur Utara, Kundur dan Kecamatan Ungar.

Sementara pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan mulai sekitar pukul 07.00, 10.00, 19.00 dan 22.00 WIB.

Suhu diprakirakan berkisar antara 25 sampai 33 derajat Celcius, kecepatan angin sekitar 30 Km per jam dan kelembaban antara 60 hingga 95 persen. (*)

* Selengkapnya Baca Harian Pagi Tribun Batam, Edisi Rabu, 9 Januari 2019

Penulis: Rachta Yahya
Editor: Rachta Yahya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved