BATAM TERKINI

Termasuk Pungli, Jukir Ilegal di Jembatan Barelang yang Tertangkap Bakal Diserahkan Polisi

Dinas Perhubungan Kota Batam mengapresiasi tindakan Polda Kepri yang telah mengamankan dua orang juru parkir liar ilegal di jembatan Barelang.

Termasuk Pungli, Jukir Ilegal di Jembatan Barelang yang Tertangkap Bakal Diserahkan Polisi
TRIBUNBATAM.id/DEWI HARYATI
Contoh karcis parkir di Jembatan Barelang 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dinas Perhubungan Kota Batam mengapresiasi tindakan Polda Kepri melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) yang telah mengamankan dua orang juru parkir liar (Jukir) ilegal di kawasan jembatan Barelang Batam.

Kepala UPT Parkir Dishub Kota Batam, Alexander Banik menyebutkan, pihaknya sudah langsung turun ke lapangan untuk memberikan peringatan langsung.

"Kalau kewenangan kami hanyalah sekadar kasih pernyataan bahwa dia tidak berbuat lagi, seumpanya dipungut lagi baru ditindak," ujar Alex kepada Tribun, Selasa (8/1/2019).

Diakuinya jika jukir liar masih memungut biaya parkir, Dishub langsung menyerahkan kepada pihak kepolisian. Pasalnya pungutan parkir itu jatuhnya Pungutan Liar (pungli).

"Kalau pungli sudah kewenangan polisi. Kami sudah berikan surat peringatan dengan buat surat pernyataan agar tidak berbuat lagi," ujar Alex.

Baca: BREAKINGNEWS. Gagal Berlaku 8 Januari, Lion Air Tunda Kebijakan Bagasi Berbayar. Ini Alasannya

Baca: Pelaku Pembunuhan Ibu Guru Cantik Elfi Manik Ditangkap, Ternyata Tetangga Korban; Ngaku Mau Mencuri

Baca: Pesawat Wings Air Alami Pecah Ban Sesaat Mau Lepas Landas di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin

Baca: Bantah Terlibat Prostitusi, Vanessa Angel Ngaku Dijebak, Karena Diundang Jadi MC. Ini Kronologinya

Dalam hal ini, Alex mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak memarkirkan kendaraannya diatas jembatan. Pasalnya tempat parkir sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

"Di jembatan manapun tidak boleh parkir. Jembatan itu di desain bukan untuk berhenti tapi untuk lewat," tegasnya.

Sebelumnya Polda Kepri melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) mengamankan dua orang juru parkit liar (Jukir) yang mengambil uang parkir ilegal di kawasan jembatan Barelang Batam.

Hal ini disampiakan Kabid Humas Polda Kombes Pol S. Erlangga saat gelar ekspos di ruang media center humas.

Ia menyampaikan, dua jukir yang diamankan ini dari laporan masyarakat atas keresahan adanya parkir liar.

"Dari pengaduan masyarakar tersebut. Saat jajaran Ditreskrimum mengecek kelokasi ternyata benar, dan langsung dilakukan penangkapan," katanya saat ekspos yang turut dihadiri Wadireskrimum Polda Kepri, AKBP Ari Darmanto.

Disampaikannya, dua orang yang diamankan berinisial OLS dan YS. Keduanya ditangkap (6/1/2019) sekira pukul 16.30 WIB.

"Kedua tersangka ini mengambil uang parkir kepada pengunjung Rp 5 ribu untuk satu motor, dan Rp 10 ribu untuk satu mobil," ucapnya.

Sementara itu, Wadireskrimum AKBP Ari Darmanto menyebutkan, dari hasil penangkapan saat itu. Dalam sehari para jukri ini mendapat Rp 445 ribu.

"Dua orang ini kita serahkan ke PPNS Dishub Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut. Perkembangan selanjutnya menunggu hasil pemeriksaan," sebutnya. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved