Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra Diduga Kabur Gunakan Paspor Kamboja

Yingluck Shinawatra (51) menggunakan paspor Kamboja untuk mendaftar sebagai direktur tunggal di sebuah perusahaan di Hong Kong P.T Corporation

Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra Diduga Kabur Gunakan Paspor Kamboja
EPA
Mantan PM Thailand Yingluck Shinawatra 

TRIBUNBATAM.id, HONG KONG - Mantan perdana menteri Thailand Yingluck Shinawatra diduga kabur dari Thailand menggunakan paspor Kamboja pada tahun 2017 lalu.

Dilansir TribunBatam.id dari media Hong Kong, South China Morning Post, Yingluck Shinawatra memang memiliki paspor Kamboja dan diduga kabur melalui negara itu, meskipun Phnom Penh membantahnya.

Media tersebut mengatakan, Yingluck Shinawatra (51) menggunakan paspor Kamboja untuk mendaftar sebagai direktur tunggal di sebuah perusahaan di Hong Kong P.T Corporation pada 24 Agustus tahun lalu, hampir setahun setelah dia kabur ke pengasingan, setelah didakwa melakukan korupsi di Thailand.

Yingluck Shinawatra yang merupakan putri dari Thaksin Shinawatra ini menghilang dari Bangkok secara misterius saat berada di bawah pengawasan 24 jam junta militer Thailand.

Yingluck dijatuhi hukuman penjara lima tahun karena kasus korupsi, penyelewengan subsidi beras, namun ia membantah dan menyebut bahwa tuduhan tersebut sebagai penganiayaan politik.

Tidak jelas bisnis apa yang dijalankan perusahaan Yingluck.  Tetapi hanya empat bulan setelah dia mendirikan perusahaan, Yingluck diangkat sebagai ketua Terminal Kontainer Internasional Shantou, operator pelabuhan yang berbasis di Guangdong, China.

“Jika itu adalah paspor resmi (Kamboja), pertanyaannya adalah, bagaimana seseorang seperti Yingluck mendapatkan paspor itu?” Kata Chong Ja Ian, seorang profesor kebijakan luar negeri di National University of Singapore.

Tapi Chong mengatakan bahwa tidak sulit bagi seorang berpengaruh dan kaya raya seperti Yingluck mendapatkan paspor tersbeut "Sangat mudah ... (karena) tepat di seberang perbatasan".

Beberapa waktu lalu, isu bahwa Yingluck kabur dengan paspor Kamboja melalui Singapore sudah pernah muncul.

Halaman
123
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved