Dagelan Gedung Putih, Ivanka Trump Disebut-sebut Calon Kuat Presiden Bank Dunia

Banyak pengamat yang melihat pencalonan Ivanka Trump ini sebagai dagelan Gedung Putih yang naif karena kapasitasnya jauh dari memadai

Dagelan Gedung Putih, Ivanka Trump Disebut-sebut Calon Kuat Presiden Bank Dunia
Reuters
Donald Trump dan Ivanka Trump 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON - Pemerintahan Donald Trump kembali memunculkan dagelan karena secara tiba-tiba, nama putrinya, Ivanka Trump, tiba-tiba muncul menjadi kandidat Presiden Bank Dunia.

Seperti diketahui, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengundurkan diri secara mendadak setelah setahun memimpin Bank Dunia untuk jabatan kedua, Senin lalu.

Pengunduran Jim Yong Kim ini sangat mengejutkan karena masa jabatannya masih tiga tahun lagi. Spekulasi bahwa pengunduran diri ini buntut isu perang dagang AS-China pun merebak.

Tetapi, lebih mengejutkan lagi, nama Ivanka Trump masuk sebagai kandidat Presiden Bank Dunia bersama mantan Duta Besar PBB Nikki Haley, sebagai calon lainnya, Jumat (11/1/2019) atau Sabtu WIB.

Alasan dukungan terhadap Ivanka Trump adalah karena pada tahun 2017, menjadi kekuatan pendorong Bank Dunia yang didukung Arab Saudi senilai US $ 1 miliar untuk mempromosikan kewirausahaan perempuan.

Banyak pengamat yang melihat pencalonan Ivanka Trump ini sebagai dagelan Gedung Putih yang naif karena kapasitasnya untuk memimpin lembaga keuangan dunia itu jauh dari memadai.

Tetapi, yang menjadi pergunjingan di Amerika Serikat adalah, Ivanka Trump sering mendapat sorotan karena perannya yang terlalu besar di gedung Putih.

Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner saat ini diangkat Donald Trump sebagai penasihat senior untuk Presiden AS dan berbagai perilakunya mendapat sorotan.

Mulai dari penggunaan email pribadi untuk urusan kenegaraan, dugaan bahwa ia dan suaminya mengemplang pajak serta kepemilikan mereka sejumlah merek dagang internasional, termasuk China, setelah ia menjabat.

Ivanka Trump, penasehat senior Presiden yang selalu mendapat sorotan

Munculnya nama Ivanka Trump pertama kali dimunculkan The Financial Times. 

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved