BATAM TERKINI

Disnaker Batam Lakukan Pelatihan, Dua Hari 2.200 Pencaker Daftar Ikut Ujian Sertifikasi

Hari kedua pendaftaran peserta pelatihan untuk pencari kerja yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam.

Disnaker Batam Lakukan Pelatihan, Dua Hari 2.200 Pencaker Daftar Ikut Ujian Sertifikasi
tribun batam
Pendaftaran pelatihan Disnaker Kota Batam di Halaman SMPN 3 Batam, Sekupang, Sabtu (12/01/2019). 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hari kedua pendaftaran peserta pelatihan untuk pencari kerja yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam masih terus diramaikan ratusan Pencari Kerja (Pencaker) di Batam.

Hal ini terpantau pada hari kedua pendaftaran pelatihan dan proses seleksi yang digelar Disnaker di SMP N 3 Batam, Sekupang.

Ana salah satu pencaker mengakui, tertarik dengan pelatihan yang di gelar Disnaker Kota Batam. Sebab selain bisa mendapatkan sertifikat di bidang yang diinginkan, pelatihan yang digelar juga bisa menambah kemampuannya di bidang Accounting yang selama ini sudah di pelajarinya.

"Ya dengan adanya pelatihan ini, kemampuan kita tersertifikasi dan bisa menambah pengetahuan di bidang Accounting," ungkap Ana, Minggu (13/1/2019).

Ana juga mengungkapkan, pada pelatihan yang digelar tersebut, untuk proses seleksinya lumayan menguras pikiran. Sebab ada sekitar 50 soal yang diujikan pada saat tes tertulis yang digelar panitia pelatihan.

"Lumayan menguras pikiran sih, karena soal yang diujikan ada Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia.Tapi asyik sih, bisa mengulang pelajaran yang pernah di pelajari di bangku SMA dulu,"tuturnya.

Sementara itu untuk proses pendaftaran pelatihan yang digelar Disnaker mulai
Sabtu tanggal 12 Januari 2019 kemarin ada sekitar 1.500 orang yang mengikuti ujian seleksi. Sedangkan di hari kedua tanggal 13 Januari 2019 sudah lebih 500 orang yang mengikuti ujian seleksi.

Kepala Disnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti menjelaskan, hingga hari kedua ini animo masyarakat masih tinggi untuk mengikuti ujian seleksi pelatihan bagi pencari kerja di Batam.

Baca: Kadisnaker Batam: 2.200 Pencaker Mendaftar dan Ikuti Seleksi Pelatihan Kerja

Baca: Gara-Gara Beda Pilihan Caleg, Dua Makam di Gorontalo Dipindahkan. Kepala Desa Ungkap Fakta Lain

Baca: Sakit Hati, Pria asal Langkat Nekat Taburkan Racun Tikus dalam Nasi Goreng

"Sebab hingga pukul 11.57 WIB sudah lebih 500 orang yang mengikuti ujian seleksi dan masih banyak peserta yang datang," kata Rudi.

Rudi mengatakan, perkiraannya dari hari pertama sampai hari kedua pendaftaran hingga ujian seleksi ini ditutup lebih kurang sudah ada sekitar 2.200 orang pencaker yang mendaftar dan mengikuti seleksi.

"Minat dan antusias pencari kerja untuk mengikuti pelatihan sangat baik dan semua bidang yang disediakan merata diminimati pencaker,"ujarnya.

Rudi juga mengungkapkan, dibanding tahun lalu animo pencaker untuk mengikuti pelatihan sama saja. Mungkin tahun ini jumlahnya lumayan banyak dibanding tahun lalu.
Karena mungkin melihat pengalaman yang lalu, yang sudah dilatih itu sudah banyak juga yang sudah bekerja.

"Jadi mereka yang sudah kita latih dan berhasil mendapatkan pekerjaan, dan saling memberitahu kepada teman dan saudaranya bahwa pelatihan yang digelar bisa memudahkan pencaker untuk mencari pekerjaan di bidang yang digelutinya,"jelasnya. (als)

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved