ANAMBAS TERKINI

Sepi Peminat, KPU Anambas Perpanjang Pendaftaran Relawan Demokrasi

"Nantinya ada semacam wawancara, untuk memastikan netralitas yang bersangkutan. Relawan demokrasi ini, nantinya juga mendapatkan honor setiap orang Rp

Sepi Peminat, KPU Anambas Perpanjang Pendaftaran Relawan Demokrasi
TRIBUNBATAM.id/SEPTYAN MULIA ROHMAN
Ketua KPU Kabupaten Kepupulauan Anambas Jufri Budi 

Belum Cukup 11 Segmen, Pendaftaran Relawan Demokrasi Diperpanjang KPU Anambas

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas memperpanjang masa pendaftaran untuk relawan demorkrasi.

Ini dilakukan karena jumlah relawan demokrasi belum mencakup 11 segmen sesuai dengan pendaftaran yang telah diumumkan sebelumnya.

"Disepakati untuk diperpanjang waktu pendaftarannya hingga 17 Januari 2019 mendatang," ujar Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, Jufri Budi, Selasa (15/1/2019).

Ia menjelaskan, sejak dibuka ‎masa pendaftaran sejak 10 Januari 2019 sampai sekarang, baru 7 orang yang mendaftarkan diri sebagai relawan demokrasi.

Jufri mengatakan, dari 11 segmen yang ditargetkan menjadi relawan demokrasi, jumlah yang diperlukan mencapai 55 orang.

Nantinya, pendaftar akan diwawancara untuk memastikan calon relawan demokrasi tersebut tidak berafiliasi atau terlibat dengan partai politik maupun pihak tertentu yang ikut dalam pesta demokrasi.

KPU Batam Gelar Rakor, Komisioner KPU Pusat: Mari Kita Jawab Hoaks Pemilu Dengan Data Valid

Sosialisasi Pemilu dari Atas Kapal, KPU Karimun Kenalkan Bentuk Surat Suara ke Nelayan

Bupati Anambas Dorong Pengobatan Gratis sampai ke Pelosok Pulau

"Nantinya ada semacam wawancara, untuk memastikan netralitas yang bersangkutan. Relawan demokrasi ini, nantinya juga mendapatkan honor setiap orang Rp 750 ribu per bulan selama tiga bulan," ungkapnya.

Dia mengatakan akan menyampaikan informasi lebih lanjut mengenai relawan demokrasi ini. ‎Dari pengumuman yang disampaikan KPU, terdapat 11 segmen yang bakal direkrut menjadi relawan demokrasi.

Sejumlah segmen tersebut meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda kelompok, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, dan basis pemilih berkebutuhan khusus.

Kemudian basis kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, kelompok RT dan RW, hingga basis warga internet (netizen).

Tugas relawan demokrasi ini nantinya meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, hingga membangkitkan kesukarelawanan masyaraat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi.

"Tujuan relawan ini salah satunya untuk meningkatkan partisipasi pemilih saat pelaksanaan Pemilu nanti," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved