Bintan Terkini

Kapal Polairud Polres Bintan Terabas Ombak Lautan Demi Antar Paket Bantuan ke Pulau Ini

Gelombang tinggi disertai angin kuat di lautan masih melanda perairan Bintan. Kondisi ini hampir terjadi di sejumlah perairan di Kepri

Kapal Polairud Polres Bintan Terabas Ombak Lautan Demi Antar Paket Bantuan ke Pulau Ini
TRIBUNBINTAN.COM/AMINUDIN
Para personil Polairud Polres Bintan saat mengantarkan paket bantuan buat nelayan kecil di kampung Tanjung Kelong, Kecamatan Mantang, Rabu (16/1/2019). 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN - Gelombang tinggi disertai angin kuat di lautan masih melanda perairan Bintan. Tak cuma Bintan, kondisi ini hampir terjadi di sejumlah perairan di Kepri.

Bagi nelayan kecil dengan peralatan sampan atau perahu biasa, gelombang dan cuaca yang berubah ubah memaksa mereka tidak dulu melaut. Riskan bagi mereka.

Dengan peralatan sampan kecil dan alat navifagasi tradisional, mencoba coba untuk bertaruh dengan ombak dan angin tentu bukan pilihan. Mau tak mau, untuk sementara tidak dulu melaut.

"Sudah beberapa tidak melaut. Ombak kuat, banyak main di darat dulu,"kata Asrun, nelayan sampan di pesisir Mantang, Rabu (16/1/2019).

Karena tidak melaut, pemasukan buat kebutuhan sehari hari jadi berkurang. Sebagian nelayan mensiasati kondisi dengan meminjam agar tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari hari.

Kondisi para nelayan ini disikapi para para personel Polairud Polres Bintan. Sebagai satuan di kepolisian yang banyak bersentuhan dengan kehidupan masyarakat pesisir, para personil tahu dan paham, nelayan sampan alias nelayan kecil perlu bantuan untuk meringankan kehiduapn sehari hari. Mereka pun menggelar aksi bagi sembako buat nelayan kecil di pesisir Bintan.

WARNING BMKG - Selain Natuna & Anambas, Perairan 2 Wilayah di Kepri Ini Juga Rawan Gelombang Tinggi

Prakiraan Cuaca dari BMKG Hang Nadim: Batam Berawan, Bintan Hujan Lokal. Waspada Gelombang Tinggi

INFO CUACA - BMKG Ingatkan Potensi Gelombang Tinggi di Natuna & Anambas. Begini Prakiraan di Batam

Kepala Satuan (Kasat) Polairud Polres Bintan AKP Suardi yang menginiasasi aksi mengatakan, mereka tersentuh dengan kondisi para nelayan kecil. Rabu pagi mereka langsung mengerahkan armada ke Tanjung Kelong, suatu perkampungan nelayan di Kecamatan Mantang, tepatnya Desa Mantang Besar.

Para nelayan kaget disambangi para polisi. Apalagi begitu tahu para polisi tersebut datang dengan membawa barang barang sembako untuk dibagikan ke mereka.

"Kami mencoba untuk membantu sejumlah kawan kawan nelayan pesisir yang sudah berapa hari ini tidak turun ke laut karena cuaca extrim,"kata Suardi, Rabu (16/1/2019).

Bantuan sembako kepada nelayan diantaranya dilakukan di Tanjung Kelong, Kecamatan Mantang. Rumah rumah di ampung ini sebagian ada di tepi pantai dan warganya menggantungkan nafkah hidup sebagai nelayan.

"Ada rasa haru, bisa turun ke lokasi. Kami jadi tahu apa yang mestinya kami harus lakukan. Salah satunya kami mencoba membagikan sembako semoga membantu,"kata Suardi. (*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved