Tanjungpinang Terkini

Ingin Berikan Hak Suara di Tempat Lain. Ini Syarat yang Diberikan KPU Kepri

KPU Kepri baru saja menggelar sosialisasi tentang daftar pemilih tambahan berlangsung di CK Hotel Tanjungpinang

Ingin Berikan Hak Suara di Tempat Lain. Ini Syarat yang Diberikan KPU Kepri
Tribunbatam.id/Thom Limahekin
Anggota KPU Kepri foto bersama peserta rapat pleno 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Seorang pemilih tidak harus memberikan hak suara di tempat pemungutan suara di mana dia terdaftar. Kelompok pemilih tersebut dimasukkan ke daftar pemilih tambahan (DPTb).

KPU Kepri baru saja menggelar sosialisasi tentang daftar pemilih tambahan berlangsung di CK Hotel Tanjungpinang, pada Kamis (17/1/2019).

Komisioner KPU Kepri Priyo Handoko mengatakan sosialisasi tersebut berkaitan dengan proses pengurusan pindah memilih bagi warga yang tidak sempat memberikan hak suaranya di tempat pemungutan suara di mana dia terdaftar.

'Ada warga yang seharusnya memilih di kabupaten A namin terpaksa harus memilih di kabupaten B," sebut Priyo usai mengikuti kegiatan sosialisasi.

Menurut Priyo, ada sembilan kondisi memungkinkan seorang warga bisa pindah memilih pada saat hari Pemilu. Misalnya, warga tersebut bekerja di luar tempat domisili, warga yang sedang menjalani rehabilitasi Narkoba, menjalani rapat inap di rumah sakit dan Puskesmas serta warga yang berkuliah di luar tempat asalnya.

"Tentu DPTb ini tidak berlaku bagi warga yang pindah memilih karena alasan iseng-iseng saja atau ingin memberikan hak suara di tempat pemungutan suara kesukaannya," terang Priyo.

Komisioner Bawaslu Tanjungpinang Dihadang dan Diancam. Begini Sekarang Nasib Penghadang

Polres Tanjungpinang Dikabarkan Amankan Dua Orang. Terkait Kasus Pemerasan Sekwan?

Polsek Tanjungpinang Barat Sosialisasi Cara Hadapi Cuaca Ekstrem dan Penyelamatan Kecelakaan Laut

Selain terkait DPTb, KPU Kepri juga menggelar sosialisasi tentang daftar pemilih khusus (DPK). Priyo menjelaskan, warga yang masuk kelompok DPK adalah mereka yang baru memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) pada Kamis (17/1/2019) ini.

Kelompok ini akan berhak memberikan suaranya di tempat pemungutan suara dekat tempat tinggalnya di atas pukul 12.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Namun, mereka harus datang dengan membawa KTP-el.

"Kami akan melakukan pendataan DPTb dan DPK ini sampai dengan Maret nanti," terang Priyo.

Pendataan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan DPTb dan DPK pada hari pemilihan. Jika jumlah DPTb dan DPK meningkat maka KPU Kepri bisa mengajukan kondisi ini kepada Bawaslu agar bisa diambil kebijakan untuk menjadikan mereka masuk kelompok daftar pemilih tetap. (*)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved