BATAM TERKINI

Dukung Pariwisata Batam, Tempat Jualan di Jembatan I Barelang Akan Ditata Ulang

Tempat dagangan yang berada di kawasan Jembatan I dan II Barelang serta sekitarnya, akan ditata lebih rapi. Tujuannya untuk mendukung pariwisata.

Dukung Pariwisata Batam, Tempat Jualan di Jembatan I Barelang Akan Ditata Ulang
TRIBUNBATAM.id/ANDRIANI MONA
Sejumlah warga sedang mengabadikan atau mengambil foto dengan latar belakang jembatan satu Barelang, Senin (24/12/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Tempat dagangan yang berada di kawasan Jembatan I dan II Barelang serta sekitarnya, akan ditata lebih rapi. Tujuannya untuk mendukung pengembangan pariwisata yang berada di Jembatan I Barelang.

Kabid Trantib Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Imam Tohari mengatakan, ada tiga zona di kawasan tersebut yang menjadi prioritas penataan.

"Pertama di bawah jembatan, ada tujuh pedagang, di atas jembatan 24 pedagang dan di Dendang Melayu ada 11 pedagang," kata Imam, Jumat (18/1/2018).

Sedangkan penataan dari Jembatan I sampai dengan Jembatan II, menjadi prioritas berikutnya. Di areal itu setidaknya ada 43 pedagang.

Pihaknya sudah melakukan upaya persuasif, sekaligus mengedukasi para pedagang di sana, khususnya di sekitar Jembatan I, perlunya dilakukan penataan dan pembenahan terhadap tempat-tempat dagangan pedagang. Termasuk melibatkan tokoh-tokoh masyarakat.

Termasuk Pungli, Jukir Ilegal di Jembatan Barelang yang Tertangkap Bakal Diserahkan Polisi

Hanya Modal Smartphone, Kamu Bisa Percantik Instagram, Intip 5 Tips Ini

Abu Bakar Baasyir Segera Bebas, Sang Putra: Keluarga akan Fokus Rawat Ayah di Rumah

"Karena Jembatan I kan ikon pariwisata. Jadi Jembatan I sampai Jembatan II harus bersih nantinya," ujarnya.

Imam melanjutkan, sejauh ini respon dari pedagang di sana positif terhadap rencana penataan tempat dagangan itu. Mereka mau mengerti dengan tujuan penataan itu. Malah ada beberapa pedagang yang sudah membongkar sendiri tempat dagangannya. Tepatnya pedagang yang berada di area bawah jembatan.

Disinggung soal relokasi tempat baru bagi pedagang, Imam mengatakan, pihaknya masih membahas hal itu dengan Dinas Pariwisata Kota Batam.

"Masih dibicarakan. Tapi kita lihat di bawah jembatan yang ke area dalam, masih ada lahan di sana. Mudah-mudahan bisa di sana," kata Imam.

Tak hanya soal tempat dagangan, ke depan jualan yang ditawarkan juga akan dibenahi.

"Ada menjual souvenir juga. Hal-hal seperti ini mesti ditonjolkan," ujarnya.

Senada dengan Imam, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, penataan pedagang ini diperlukan, erat kaitannya dengan kepariwisataan Batam.

"Karena Jembatan I Barelang sudah jadi ikon pariwisata. Yang ada sekarang, perlu kita benahi lagi," kata Ardi. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved