Anambas Terkini

BMKG Minta Masyarakat Tetap Tenang Soal Fenomena Supermoon 2019. Bakesbangpol Keluarkan Imbauan

Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, mengeluarkan surat imbauan perihal fenomena alam ini

BMKG Minta Masyarakat Tetap Tenang Soal Fenomena Supermoon 2019. Bakesbangpol Keluarkan Imbauan
net
Ilustrasi: Bulan purnama (Supermoon). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi memprediksi kalau perairan Anambas tidak terkena dampak Supermoon.

Kepala BMKG stasiun Meteorologi Tarempa melalui prakirawan Samuel mengatakan, meski demikian, masyarakat tetap perlu waspada mengenai kondisi cuaca, khususnya cuaca di laut.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada," ujarnya Senin (21/1/2019).

Supermoon Terjadi Malam Ini. Ini Amalan yang Dianjurkan saat Terjadi Gerhana Bulan

Nanti Malam Ada Fenomena Supermoon 2019, Ustadz Abdul Somad Cerita Gerhana Zaman Rasulullah

LIVE STREAMING - Nonton Detik-detik Supermoon 2019 Atau Super Blood Wolf Moon di 2 Link Berikut Ini

Ia kemudian menjelaskan kalau naiknya permukaan pasang air laut memang berpotensi terjadi, seperti di Sungai Sugi Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan. Hanya saja ia mengatakan, naiknya permukaan air itu bukan disebabkan dampak Supermoon.

Cuaca di Anambas pun diprediksi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang. Adapun untuk arah angin bertiup dari arah utara menuju timur laut dengan kecepatan antara 10 hingga 40 kilometer per jam.

Adapun untuk ketinggian gelombang diprediksi menembus angka 2,5 meter.
"Kondisi cuaca ini diprediksi terjadi pada pagi, malam dan menjelang dini hari," ungkapnya.

Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, mengeluarkan surat imbauan perihal fenomena alam ini.

Dalam surat dengan nomor 028/Bakesbangpol.360/01.19 per tanggal 21 Jnuari 2019 disebutkan agar masyarakat yang tinggal di daerah pesisir untuk dihimbau waspada terhadap kemungkinan terjadinya kenaikan permukaan air dan gelombang pasang, hingga air rob.

"Kami mengimbau demikian. Berkenaan dengan informasi dari BMKG per tanggal 21 Januari 2019, terjadi gerhana bulan total yang berpotensi air pasang, sehingga terjadi kenaikan permukaan air laut dan bila diikuti dengan hujan lebat dan angin kencang," ujar Ekodesi Amrialdi Kabankesbangpol dan PBD Anambas.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved