Anambas Terkini

Jaksa Masuk ke Sekolah - Sekolah di Anambas, Ternyata Ini Target yang Dibidik

Mereka mencari pelajar untuk melaksanakan program jaksa masuk sekolah. Program ini yang dijalankan oleh Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna

Jaksa Masuk ke Sekolah - Sekolah di Anambas, Ternyata Ini Target yang Dibidik
Tribunbatam.id/Dokumentasi Cabjari Natuna di Tarempa
Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, Muhammad Bayanullah, SH saat memberikan materi kepada pelajar SDN 005 di Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur Senin (28/1/2019). 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Mendengar kata Kejaksaan biasanya identik dengan tindak pidana korupsi (tipikor) yang menjerat para koruptor.

Namun, apa jadinya kalau jaksa masuk ke sekolah. Jangan berpikir macam-macam dulu. Jaksa yang masuk ke sekolah ini bukan sedang mengumpulkan data dan keterangan atau mencari DPO tersangka korupsi.

Mereka mencari pelajar untuk melaksanakan program jaksa masuk sekolah. Program ini yang dijalankan oleh Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Natuna di Tarempa saat berkunjung ke SDN 005 Desa Temburun Kecamatan Siantan Timur.

Namanya juga anak-anak. Rasa kikuk saat disuruh ke depan oleh tiga orang jaksa sudah pasti jelas terlihat. Beberapa pelajar lainnya, justru bertanya-tanya mengenai kehadiran rombongan yang datang berkunjung ke sekolah mereka.

Meski begitu, antusias pelajar sekolah dasar untuk mengikuti progrm jaksa masuk sekolah ini begitu tinggi. Muhammad Bayanullah, SH Kacabjari Natuna di Tarempa mengatakan, program ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Tak cuma pelajar Sekolah Dasar, pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) pun, ikut menjadi sasaran dalam program jaksa masuk sekolah ini.

"Ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Kami ingin program jaksa masuk sekolah ini dapat merata ke sekolah yang ada di Anambas ini," ujarnya Senin (28/1/2019).

Kapal Tanker MT Tabonganen 19 Karam di Karimun - Kejaksaan Sebut Masih Proses Sidang

Kapal Tanker MT Tabonganen 19 Karam di Karimun - BC Sebut Sudah Diserahkan ke Kejaksaan

Tiga Artis Meriahkan Acara Pisah Sambut Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri Selasa Malam

Program jaksa masuk sekolah ini bukan tanpa tujuan. Korps Adhyaksa ini ingin, selain memberikan pengetahuan dan pemahaman soal hukum, namun juga memberikan pemahaman bagaimana tugas pokok dan fungsi seorang jaksa.

Tidak dipungkiri, masih ada kaum 'millenial' yang masih awam akan peran dan fungi kejaksaan.

"Nah, melalui program ini, mereka diberikan pemahaman mengenai tugas dan fungsi seorang jaksa. Sejak dini mereka diberikan pemahaman seperti itu, agar diharapkan juga termotivasi dalam menuntut ilmu mereka, khususnya mengenai ilmu hukum," ungkapnya.

Tidak hanya memberikan pemahaman kepada pelajar, di Desa Temburun juga mereka memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat di desa itu.

Ia berharap, melalui program ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat desa. "Kami berharap seperti itu. Sehingga, pemahaman hukum di masyarakat dapat ditingkatkan," ungkapnya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Ucu Rahman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved