BATAM TERKINI

Pengusaha UMKM yang Baru Enam Bulan Beroperasi Bisa Dapat Bantuan Hibah Rp 13 Juta dari Kementerian

Bagi Anda yang baru berusaha bisa mendapatkan bantuan dari kementerian.Karena itu segera manfaatkan.

Pengusaha UMKM yang Baru Enam Bulan Beroperasi Bisa Dapat Bantuan Hibah Rp 13 Juta dari Kementerian
TRIBUNNEWSBATAM.COM/Amin
Suasana pelayanan nasabah di kantor Bank Riau kepri, Senin (20/4/2015). Bank Riau Kepri tawarkan kredit usaha mikro spesial cabang pembantu (capem). 

Para pelaku UMKM bisa mendapat bantuan dana hibah dari kementerian, dengan syarat sudah beroperasi enam bulan.

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bagi Anda yang baru berusaha bisa mendapatkan bantuan dari kementerian. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan mengajak para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan layanan bantuan dana hibah yang disediakan Kementerian Koperasi dan UMKM RI.

Dikatakan, setiap tahunnya kementerian memiliki program untuk membantu wirausaha pemula. Mereka ini adalah pelaku UMKM yang telah menjalankan usahanya minimal 6 bulan dan usahanya masih berjalan hingga saat ini.

"Bagi mereka yang berkeinginan dapat fasilitas bantuan dana hibah dari kementerian, bisa di-download syarat-syaratnya di website kementerian KUKM," kata Suleman, Senin (28/1/2019), usai menghadiri kegiatan pelatihan wirausaha pemula di Wisma Batam.

15 Pelaku UMKM di Karimun Terima Dana Kemitraan, PT Timah Salurkan Rp 3,2 Miliar

Ingin Tahu Rahasia Jennifer Lopez Tetap Seksi di Usia 49 Tahun? Gampang. Diet 10 Hari Tanpa Gula

Gubernur Kepri Panen Padi di Kecamatan Kundur Utara,Ini Pesan Nurdin Kepada Petani

Jika lolos seleksi, setiap wirausaha pemula akan berkesempatan mendapat bantuan dana hibah maksimal Rp 13 juta. Diantara persyaratan yang harus dilengkapi, yakni memiliki izin usaha mikro yang dikeluarkan kecamatan di tempat usahanya berjalan.

Kemudian usaha yang dijalankan sesuai dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008.

"Pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan. Di samping itu menyertakan foto kopi KTP, foto KK, foto usaha dan beberapa syarat lainnya," ujarnya.

Menurut Suleman, dana hibah yang disediakan pemerintah ini bisa sangat membantu pelaku UKM di Kota Batam untuk meningkatkan produk dan kualitas usahanya. Apalagi di saat ekonomi Batam masih lesu dan belum seperti yang diharapkan.

"Di samping itu juga untuk mendorong pelaku-pelaku usaha baru," kata Suleman.

Tahun lalu 2018, setidaknya ada 16 wirausaha di Batam yang mendapat bantuan dana hibah dari kementerian. Mereka ini berasal dari berbagai sektor usaha. Ada yang menjalankan usaha kue dan lain sebagainya. Pencairan dana dilakukan pada Agustus 2018.

"Mudah-mudahan dalam 4 bulan ini usaha mereka menunjukkan hasil dari segi produk dan kualitas. Minimal meningkat dari segi produk dan kelas. Kalau dulu usaha mikro, bisa jadi kecil," ujarnya.

Bantuan dana dari kementerian ini juga diharapkan bisa ikut membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Batam, Kepri. Khususnya dari skala mikro dan usaha kecil.

Suleman juga menjelaskan bahwa adanya bantuan dari pemerintah ini harapannya dapat membantu para pelaku UMKM disaat lengah kondisi ekonomi sekarang serta mampu mendorong pertumbuhan dan perkembangan pelaku usaha yang baru.(wie/nhp)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved