TANJUNGPINANG TERKINI

Cegah Xeropthalmia, Timbang Anak Langsung Bisa Dapat Vitamin A

"Vitamin A sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kemungkinan terkena atau meringankan kesakitan diare dan campak serta yang te

Cegah Xeropthalmia, Timbang Anak Langsung Bisa Dapat Vitamin A
TRIBUNBATAM.id/THOM LIMAHEKIN
Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul dan istrinya Juariah Syahrul sedang menimbang seorang bayi di Posyandu Perumahan Senggarang Permai Kilometer 14 tersebut, pada Jumat (1/2/2019) 

Operasi Timbang Anak dilakukan untuk meningkatkan cakupan balita yang ditimbang lebih dari 75 persen

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menggelar operasi timbang yang diintegrasikan dengan bulan vitamin A bagi bayi-bayi di kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul sendiri membuka kegiatan yang berlokasi di Posyandu Perumahan Senggarang Permai Kilometer 14 tersebut, pada Jumat (1/2/2019) lalu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang Juariah Syahrul, Kadis Kesehatan Rustam, Camat Tanjungpinang Timur, Lurah Air Raja, Babinsa, para Ketua RW/RT, Kepala Puskesmas Batu 10, tokoh masyarakat, tokoh agama, para kader dan sekitar seratusan ibu bayi dan balita hadir pada acara tersebut.

Kepala Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan operasi timbang yang disejalankan dengan bulan Vitamin A dimulai sejak 1 Februari dan akan berakhir pada 28 Februari 2019.

Dewan Setujui Penerimaan P3K, PTT Mengabdi Lebih dari Lima Tahun Diangkat Jadi P3K

Ribuan Warga Kurang Mampu Serbu Pengobatan Gratis Karya Bhakti Kesehatan Walubi

Sinergisitas TNI-Polri dan Walubi, Hartati Boyong Dokter Spesialis dan Paramedis ke Tanjungpinang

Wanda Ponika Beberkan Alasan Diam Veronica Tan meski Disebut Selingkuh dan Tutupi Daftar Dosa Ahok

"Vitamin A sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kemungkinan terkena atau meringankan kesakitan diare dan campak serta yang terpenting mencegah kemungkinan terkena rabun senja pada anak (xeropthalmia)," ujar Rustam kepada TRIBUNBATAM.id, Sabtu (2/2/2019).

Menurut Rustam, operasi timbang ini dilakukan untuk meningkatkan cakupan balita yang ditimbang lebih dari 75 persen. Dengan demikian, kasus kasus gizi kurang dan gizi buruk dapat ditemukan secara dini dan segera diatasi sehingga tidak menimbulkan akibat lebih lanjut

"Kami sengaja menggelarnya bersamaan dengan bulan vitamin A, karena biasanya balita yang datang ke Posyandu akan meningkat saat ada pemberian vitamin A," ujar Rustam lagi.

Jumlah bayi dan balita yang ditimbang selama pelaksanaan operasi timbang ditargetkan sebanyak 22.069 balita usia 0-59 bulan. Sedangkan yang akan diberikan vitamin A kapsul biru sebanyak 2.023 bayi (umur 6-11 bulan).

Vitamin A kapsul merah akan diberikan kepada 18.024 balita (umur 12-59 bulan).

Kegiatan operasi timbang dan pemberian vitamin A dilakukan setiap hari selama Februari pada 136 Posyandu, 17 Pos Penimbangan, 129 TK/PAUD dan semua tempat penitipan anak.

Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul berpesan agar para orang tua memperhatikan sungguh-sungguh kesehatan anak anaknya. Karena anak-anak akan menjadi generasi penerus kemajuan bangsa.

Dia juga berharap supaya para orang tua yang hadir pada acara launching dan anaknya telah ditimbang serta diberikan vitamin A untuk dapat menyampaikan tentang pentingnya menimbang dan memberikan vitamin A pada balita ini kepada para orang tua lainnya yang mungkin belum memahami.(tom)

Penulis: Thom Limahekin
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved