Kenapa Harga Tiket Pesawat Naik dan Bagasi Berbayar? Diduga Ini Pemicunya

Menurut studi CAPA, dari 20 maskapai penerbangan yang ada di Asia Tenggara, hanya enam perusahaan saja yang mencatatkan untung, 14 lagi merugi

TRIBUNBATAM.id - Dalam dua bulan terakhir, para penumpang pesawat mengeluhkan naiknya harga tiket pesawat domestik dan penerapan bagasi berbayar oleh hampir semua maskapai di Indonesia.

Dua kebijakan dari maskapai penerbangan ini menimbulkan keresahan para penumpang, memicu kericuhan di bandara, namun juga berdampak pada turunnya jumlah penumpang.

Bahkan, banyak penumpang yang menyalahkasn pemerintah meskipun kenaikan harga tiket pesawat maupun penghapusan bagasi gratis adalah murni kebijakan kelompok maskapai.

Fenomena ini sebenarnya tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di hampir seluruh Asia Tenggara, khusunya untuk penerbangan domestik dan jarak pendek.

Sebuah artikel yang dilansir South China Morning Post, Senin (4/2/2019) menggambarkan masalah besar yang dihadapi oleh hampir semua maskapai penerbangan di Asia Tenggara dalam kuartal terakhir.

Lonjakan penumpang yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir di Asia, terutama Asia Tenggara, ternyata tidak berbanding lurus dengan keuntuhngan maskapai.

SCMP mengutip laporan terakhir oleh CAPA Centre for Aviation yang berbasis di Sydney. 

Gol Bunuh Diri yang Paling Menakjubkan. Bisakah Masuk Puskas? Lihat Videonya

TEGA! Ayah-Ibu Bercerai, Anak Dijual dan Uangnya Dibagi Dua. Kakek pun Bertindak

Siswi SMA Terlibat Prostitusi Online di Jakarta, Polisi: Mereka Menyediakan Live Show Hingga Open BO

Menurut studi CAPA, dari 20 maskapai penerbangan yang ada di Asia Tenggara, hanya enam perusahaan saja yang mencatatkan untung, sementara 14 lagi merugi.

Bahkan, dari 20 maskapai tersebut, 19 diantaranya mencatat penurunan laba dari periode Juli hingga September 2018, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Studi tersebut mengatakan, Asia Tenggara adalah pasar dengan pertumbuhan penumpang yang cepat namun tidak menghasilkan untung.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved