Tarif Bagasi Berbayar Diterapkan, Lion Group Diminta Sosialisasikan Lewat Infografis

"Sosialisasi bisa dilakukan dengan membuat infografis mengenai daftar harga tarif bagasi prepaid maupun EBT untuk semua rute yang dilayani. Juga terka

Tarif Bagasi Berbayar Diterapkan, Lion Group Diminta Sosialisasikan Lewat Infografis
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Sejumlah penumpang Lion Air mengaku kaget saat harus membayar biaya bagasi yang nilainya berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta di bandara Hang Nadim Batam 

Tarif Bagasi Berbayar Diterapkan, Lion Group Diminta Sosialisasikan Lewat Infografis

TRIBUNBATAM.id - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengingatkan Lion Group untuk melakukan sosialisasi sebagai tindaklanjut tarif bagasi berbayar.

Menurutnya sosialisasi dapat menjadi informasi yang mengedukasi penumpang baik melalui media elektronik, media cetak maupun media sosial.

Polana juga menyambut positif kebijakan yang keluarkan Lion Group terkait harga Excess Baggage Ticket (EBT) atau pembelian bagasi langsung saat check in.

"Sosialisasi bisa dilakukan dengan membuat infografis mengenai daftar harga tarif bagasi prepaid maupun EBT untuk semua rute yang dilayani. Juga terkait batasan bagasi prepaid yang dapat dibeli oleh penumpang," ujar Polana.

Terungkap, Ini Alasan Sule Mengundurkan Diri dari OVJ

Della Perez Meradang saat Ketahui Chat Muncikari Sebut Tarif, Ini Pekerjaan Sebenarnya

Terbukti Transgender, Selebgram Reva Alexa Ditahan di Sel Berdasarkan Jenis Kelamin di KTP

Ramalan Zodiak Sabtu 9 Februari 2019, Pisces Berkonflik, Cancer Sibuk Nostalgia & Libra Beruntung

Kebijakan ini diharapkan mampu meringankan pengguna angkutan udara dari Lion Group dengan harga EBT yang disesuaikan tersebut.

Polana menilai Lion Group selama ini belum maksimal mensosialisasikan tarif bagasi dengan cara prepaid maupun EBT sehingga banyak pengguna jasa angkutan udara belum mengetahui cara pembelian bagasi yang tepat.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyoroti maskapai Lion Group yang menerapkan bagasi berbayar oleh PT Lion Mentari Airlines dan PT Wings Airlines.

Kedua maspakai itu mengeluarkan kebijakan penyesuaian harga (EBT) yang mulai efektif sejak 7 Februari 2019.

EBT merupakan tata cara pembelian bagasi di check in counter, sedangkan prepaid merupakan tata cara pemesanan voucher bagasi pada saat reservasi tiket pesawat 6 jam sebelum keberangkatan.

Halaman
1234
Editor: Zabur Anjasfianto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved