Satlinmas Dilatih Tiga Hari Kawal Keamanan Pemilu, Begini Kata Bupati Anambas

‎Ia pun menilai, peranan Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing

Satlinmas Dilatih Tiga Hari Kawal Keamanan Pemilu, Begini Kata Bupati Anambas
TRIBUNBATAM.id/Septyan Mulia Rohman
Bupati Anambas, Abdul Haris saat mengukuhkan anggota Satlinmas di BPMS Senin (11/2/2019). Tribun/Septyan Mulia Rohman. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Sejumlah pria berkumpul di BPMS, jumlah mereka perlahan namun pasti semakin banyak saja di saat sambutan Bupati Anambas hendak berakhir.

Beberapa dari mereka masih ada yang mengenakan kaos meskipun beberapa diantara mereka ada yang mengenakan kemeja, sepatu dan mengenakan pakaian training. Mereka yang dikumpulkan ini merupakan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang bakal mengikuti pelatihan selama tiga hari.

Tidak hanya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing, mereka nantinya juga ‎dilibatkan pada tiap-tiap TPS saat pelaksanaan Pemilu serentak di 17 April 2019 mendatang.

Ekspresi peserta pun berubah setelah Bupati Anambas menyinggung soal pemberian tunjangan bagi anggota Satlinmas ini.

Sembari berseloroh, awalnya Bupati juga menyinggung niat peserta yang mau meluangkan waktu untuk mengikuti pelatihan hingga tanggal 13 Februari 2019 mendatang.

"Saya mengapresiasi niat peserta yang sudah hadir. Terlebih ini sudah masuk musim cengkih. Satu hari saja bisa puluhan kilo dapatnya. Apalagi (pelatihan) ini tiga hari. Saya yakin ini ‎bukan persoalan materi. Tapi bagaimana cara membangun Anambas ini. Coba dicari nomenklaturnya untuk bisa diberikan tunjangan. Apakah setahun dua kali, atau setahun tiga kali," sebut Abdul Haris Senin (11/2/2019).

SIAP-siap, PUBG versi Lite Bisa Dimainkan di Indonesia di Hari Valentine

Live Streaming & Sinopsis Drakor Whats Wrong With Secretary Kim Episode 11 Senin, 11 Februari 2019

Verrell Bramasta dan Ibnu Jamil Terkejut, Raffi Ahmad Bawa Uang Dollar Segepok Saat Main Futsal

BERITA PERSIJA - Marko Simic & 7 Pemain Persija Lainnya Sempat Tertahan di Imigrasi Australia

‎Ia pun menilai, peranan Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing. Satlinmas merupakan warga masyarakat yang diberi pemahaman dan ketrampilan untuk memperkecil dampak bencana dan melaksanakan ketertiban, khususnya menjaga keamanan pada pelaksanaan pesta demokrasi yang dilaksanakan serentak di Indonesia.

"Setiap tahun kegiatan ini senantiasa dilakukan. ‎Suksesnya pemilu tentunya menjadi tanggungjawab bersama," ungkapnya. ‎Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan PBK) Anambas, Zairin mengatakan, kalau tugas satlinmas membntu aparat pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat Pemilu. Hal ini, menurutnya juga diatur dalam Undang Undang nomor 7 Tahun 2017 yang mengatur keterlibatan satlinmas dalam pelaksanaan Pemilu.

"Satlinmas dibentuk secara sukarela. Dan keter‎libatan dalam pelaksanaan Pemilu diatur dalam Undang Undang," ungkapnya. Ia menjelaskan, terdapat 300 orang peserta yang mengikuti pelatihan satlinmas ini. Nantinya, satu TPS akan diisi oleh dua orang anggota satlinmas. Ia pun berharap, anggota satlinmas dapat bersinergi untuk bersama-sama dalam menjaga keamanan saat pelaksanaan Pemilu nanti.

"Kami harapkan demikian. Satlinmas harus bisa menjaga situasi aman dan nyaman di lingkungannya masing-masing," ungkapnya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved