Dongkrak Partisipasi Pemilih, Bakesbangpol Gandeng KPU Dan Bawaslu Gelar Sosialisai di Desa

Upaya untuk mendongkrak partisipasi pemilih saat Pemilu tak hanya dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara.

Dongkrak Partisipasi Pemilih, Bakesbangpol Gandeng KPU Dan Bawaslu Gelar Sosialisai di Desa
TRIBUNBATAM.id/TYAN
Sosialisasi yang dilakukan Bakesbangpol dan PBD Kabupaten Kepulauan Anambas di Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan Jumat (15/2/2019) 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Upaya untuk mendongkrak partisipasi pemilih saat Pemilu tak hanya dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara.

Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakesbangpol dan PBD) Kabupaten Kepulauan Anambas punya tanggungjawab dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pesta demokrasi.

Menggandeng KPU, Bawaslu, dan Polres Anambas, mereka pun menyasar sejumlah desa, salahsatunya Desa Pesisir Timur Kecamatan Siantan.

Awaluddin Kepala Bidang Penanganan Masalah aktual Bakesbangpol PBD punya alasan mengapa pihaknya lebih memilih sosialisasi lebih difokuskan pada level desa.

Selain kegiatan serupa yang cukup intens dilakukan di ibukota kabupaten dan sekitarnya, pihaknya ingin agar sasaran partisipasi pemilih dapat ditingkatkan pada sejumlah desa yang ada di Anambas.

"Sengaja kami lakukan di desa karena kegiatan ini sudah cukup sering dilakukan di ibukota kabupaten," ujarnya Jum'at (15/2/2019).

Ramalan Zodiak Besok 16 Februari 2019, Virgo Jangan Terjebak Emosi, Taurus Siap-siap Ketiban Untung

Park Bom Bakal Comeback Bulan Maret, Begini Reaksi Bos YG Entertainment Yang Hyun Suk, Sudah Akur?

Kisah Cinta SBY & Ani, Ayah AHY Setia Temani Ibu Ani Yudhoyono Sakit Kanker Darah

Profil CEO Bukalapak Achmad Zaky dan Cuitan Soal Presiden Baru Ramai di Twitter

Ia menambahkan, kalau tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan peran fungsi, koordinasi dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan pemilu, termasuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pemilu. ‎

Melalui pertemuan yang dilaukan di gedung PKK Dahlia ini pula, diharapkan masyarakat pada tingkat desa dapat memahami Undang Undang nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Oleh karena itu, kami berharap tokoh masyarakat, tokoh agama, termasuk masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya saat Pemilu di 17 April 2019 mendatang," bebernya. Dibagian lain, antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini cukup besar.

Sedikitnya 50 orang datang untuk mengikuti kegiatan ini. Beberapa warga yang datang, sempat berceloteh mengenai kegiatan sosialisasi yang merupakan amanah Undang Undang ini.

"Wah, kuliah kita hari ini. Tapi bagus Bang. Kami jadi lebih paham," sebut warga saat sesi istirahat kopi dan makanan ringan‎.(tyn)

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved