BATAM TERKINI

VIDEO - Banyak Orangtua Lalai, Kapolresta Barelang Ungkap Pemicu Remaja Ikut Balap Liar

Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki mengungkapkan pemicu remaja ikut terlibat balap liar di wilayah Batam.

Peran Orangtua Penting Agar Anak Terhindar Dari Kenakalan Remaja Seperti Balap Liar

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mendidik anak di rumah maupun di luar.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki mengatakan orangtua harus mampu memberikan contoh dan teladan kepada anak-anaknya.

Hal ini diungkapkan saat banyak laporan anak tidak pulang ke rumah sudah beberapa hari. Alasan pergi bersama dengan teman-temannya.

"Jangan sampai orangtua tidak peduli dengan keluarga. Paling tidak anaknya tidak pulang tapi sudah larut malam atau terlambat pulang dari jadwal sekolah, orangtua harus mencari. Misalnya kursus sekolah terlambat 1 jam atau 2 jam langsung cari," ujar Hengki, Selasa (26/2/2019).

Diakuinya kenakalan remaja yang kerap terjadi di Batam adalah balap liar.

Perbuatan balap liar ini dikarenakan orangtua yang kurang pengawasan kepada anaknya. Peran orangtua harus mengetahui kegiatan putra dan putrinya diluar.

"Padahal kemarin baru dilaksanakan Millenial Road Safty Festival 2019. Peran orangtua tidak memberikan motor dan mobil kepada putra putrinya jika masih dibawa umur, itu menjerumuskan namanya," katanya.

Ia menambahkan perlu peningkatan pengawasan kepada putra dan putrinya agar terhindar dari kenakalan remaja, terhindar dari narkoba dan terhindar dari perbuatan-perbuatan tercela lainnya. Peran orangtua harus ketat dalam penggunaan kendaraan, waktu di luar, dan lainnya.

"Kalau kita dari aparat kepolisian hanya melaksanakan pengawsan secara universal yang umum. Kalau orangtua ada hubungan batin pasti lebih dekat lagi," tutupnya. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved