BATAM TERKINI

Disnaker Perkirakan April Sudah Ada Perusahaan di Batam yang Buka Rekrutan Tenaga Kerja Skala Besar

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti memperkirakan, tahun ini, akan ada perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA).

Disnaker Perkirakan April Sudah Ada Perusahaan di Batam yang Buka Rekrutan Tenaga Kerja Skala Besar
TRIBUNBATAM/ROMA ULY SIANTURI
Ratusan Pencari Kerja selalu terlihat memadati Community Center (CC) Batamindo karena berharap mendapatkan pekerjaan. foto ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Rudi Sakyakirti memperkirakan, tahun ini, akan ada perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) lagi yang akan masuk ke Batam. Itu di luar perusahaan yang sudah diberitakan baru-baru ini.

"Saya rasa ada. Tapi kita belum tahu betul bentuknya seperti apa," kata Rudi, Senin (4/3/2019) di Gedung Wali Kota Batam.

Dikatakan, perusahaan yang ada saat ini, banyak yang bergerak di bidang elektronik. Begitu juga dengan baja. Kemungkinan untuk perusahaan baru yang bakal masuk, tak jauh dari kedua bidang ini. Terutama elektronik.

Sementara itu, menyoal empat perusahaan PMA baru yang akan segera beroperasi di Kawasan Industri Batamindo tahun ini, yakni Pegatron asal Taiwan, Maruho asal Jepang, Simatelex asal Hongkong dan Sammyung asal Korea Selatan, ia berharap keberadaan perusahaan itu, bisa menurunkan angka pengangguran yang ada di Batam.

Siap-siap Bagi Pencari Kerja, April Mendatang Ada 4 Perusahaan Besar di Batam Butuh Tenaga Kerja

Hadiri Pelantikan Polisi di Tanjungbatu, Gubernur Kepri Minta Jaga Kepri Dengan Sepenuh Hati

Pecandu Narkoba dengan Keterbelakangan Mental di Thailand Bakar Empat Rumah

"Untuk angka pencari kerja tahun ini, kita belum dapat datanya. Tapi tahun lalu, masih ada 8.000 sampai 9.000 orang pencaker yang belum tersalurkan. Bukan berarti mereka ini orang Batam semua, ada juga yang dari luar Batam," ujar Rudi.

Untuk diketahui, selain perusahaan baru, ada juga beberapa perusahaan lama yang melakukan ekspansi tahun ini di kawasan Batamindo. Perusahaan-perusahaan ini biasanya akan merekrut tenaga kerja, sebelum beroperasi.

"Mudah-mudahan dengan adanya perusahaan ini, membantulah," kata Rudi.

Lebih lanjut, Rudi memperkirakan, perekrutan tenaga kerja oleh pihak perusahaan, bakal mulai dilakukan usai pemilu April mendatang. Secara bertahap, pihak perusahaan akan mengumumkan informasi itu. Namun informasi pastinya, menunggu kebijakan pihak perusahaan.

"Untuk jumlah tenaga kerja yang direkrut, kita belum tahu butuhnya berapa. Tergantung dari tipe gedung yang ditempati juga," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, rencana akan masuknya empat perusahaan PMA baru, begitu juga rencana ekspansi perusahaan lama di Kawasan Industri Batamindo, disambut positif masyarakat Batam.

"Puji Tuhan," kata seorang warga Batam di media sosial.

Masyarakat berharap perekonomian Batam kembali tumbuh, angka pengangguran berkurang. Mereka juga berharap bisa menjadi bagian dari perekrutan tenaga kerja yang bakal dilakukan pihak perusahaan, dalam waktu dekat ini. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved