BPJS Ketenagakerjaan dan SOCSO Sepakat Lindungi Pekerja Migran Indonesia di Malaysia

"Nantinya para Pekerja Migran di Malaysia akan mendapatkan perlindungan dari dua institusi, dari SOCSO dan badan penyelenggara jaminan sosial negara a

BPJS Ketenagakerjaan dan SOCSO Sepakat Lindungi Pekerja Migran Indonesia di Malaysia
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Ketua Eksekutif/Ketua Pengarah PERKESO, Dato’ Mohammed Azman, Deputy Secretary General (Policy & International) Ministry of Human Resources, Dato' Kua Abun, Agus Susanto, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan melakukan penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) 

TRIBUNBATAM.id - Komitmen Pemerintah untuk meningkatkan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terus bergulir.

Paska terbitnya UU nomor 18 tahun 2017 dan peningkatan manfaat perlindungan melalui terbitnya Permenaker nomor 18 tahun 2018, kini BPJS Ketenagakerjaan sebagai penyelenggara jaminan sosial untuk PMI melakukan terobosan untuk perlindungan yang lebih baik pada PMI di Malaysia.

Hal ini dilakukan melalui penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) bersama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Penyelenggara Jaminan Sosial di Malaysia, Pertubuhan Keselamatan Sosial (PERKESO) atau SOCSO.

Seremonial penandatanganan MoC dilaksanakan pada Senin, (4/3) di Menara Perkeso, Kuala Lumpur-Malaysia.

MoC ini dilakukan untuk menyambut regulasi terbaru Pemerintah Malaysia terkait perlindungan jaminan sosial kepada seluruh Pekerja Migran di Malaysia.
Sama halnya di Indonesia, mulai tahun 2019 berlaku Undang Undang Perlindungan baru bagi Pekerja Migran di Malaysia, dari yang sebelumnya dikelola oleh industri komersial melalui skema Workmen’s Compensation (WC) ke Pemerintah melalui skema perlindungan negara yang dikelola oleh SOCSO.

Pasca Implementasi, Kini Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang Tertib dan Lancar

BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang Lindungi Nelayan Pulau Jaloh

Tidak Hanya Karyawan Saja, Kini Siswa SMKN 1 dan SMKN 4 Batam Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Mulai 1 Februari BPJS Ketenagakerjaan Batam Berlakukan Antrean Online

Ketua Eksekutif/Ketua Pengarah PERKESO, Dato’ Mohammed Azman menyampaikan, mengatakan dengan adanya regulasi baru ini, sejak Januari 2019 seluruh Pekerja Migran memiliki hak yang sama dan mendapat perlakuan yang sama dalam hal perlindungan jaminan sosial, persis dengan yang selama ini didapatkan oleh warga lokal Malaysia, tanpa diskriminasi."

Azman menambahkan, pihaknya menindaklanjuti regulasi ini dengan segera menjalin kerjasama dengan negara-negara asal Pekerja Migran yang ada di Malaysia.

"Nantinya para Pekerja Migran di Malaysia akan mendapatkan perlindungan dari dua institusi, dari SOCSO dan badan penyelenggara jaminan sosial negara asal, dalam hal ini BPJS Ketenagakerjaan untuk Indonesia," katanya.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menambahkan, Penandatanganan MoC ini adalah babak baru perlindungan PMI di Malaysia, dukungan SOCSO akan dapat meningkatkan manfaat dan coverage PMI di Malaysia.

Agus menyatakan cakupan MoC dengan SOCSO ini meliputi sharing data kepesertaan, sosialiasi dan edukasi bersama, pemberian pelayanan lintas negara dan penegakan law enforcement.

Halaman
12
Penulis: Zabur Anjasfianto
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved